Wabup Ponorogo Lantik Pramuka Saka Bakti Husada

Wabup Ponorogo Lantik Pramuka Saka Bakti Husada Para pengurus Saka Bakti Husada yang dilantik Wabup Sudjarno.

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Pengurus Satuan Karya Pramuka (Saka) Bakti Husada Kabupaten Ponorogo resmi dilantik ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Ponorogo yang juga Wakil Bupati Ponorogo Sudjarno di Aula Dinas Kesehatan, Rabu (10/5).

Ketua Saka Bakti Husada yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo Kak Rahayu Kusdarini, menyatakan bahwa Saka Bakti Husada adalah wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan keterampilan, penambahan pengalaman dan pemberian kesempatan untuk membaktikan dirinya kepada masyarakat dalam bidang kesehatan.

“Anggota Pramuka Bakti Husada merupakan insan-insan yang bergerak didalam bidang kesehatan yang kegiatannya membantu pemerintah dalam meningkatkan kesehatan masyarakat,” ujar Rahayu Kusdarini.

Menurut Rahayu, kegiatan kesakaan dilaksanakan di gugus depan dan satuan karya Pramuka disesuaikan dengan usia dan kemampuan jasmani dan rohani peserta didik. Kegiatan pendidikan tersebut dilaksanakan sedapat-dapatnya dengan praktik berupa kegiatan nyata yang memberi kesempatan peserta didik untuk menerapkan sendiri pengetahuan dan kecakapannya dengan menggunakan perlengkapan yang sesuai dengan keperluannya.

“Adapun krida-krida dalam Saka Bakti Husada adalah Krida Bina Lingkungan Sehat, Bina Keluarga Sehat, Penanggulangan Penyakit, Bina Gizi, Bina Obat, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat,” jelas Rahayu.

Harapannya, dengan dilantiknya pengurus Saka Bakti Husada, dapat aktif membantu dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Termasuk anggota Saka Bakti Husada itu sendiri beserta keluarga dan lingkungan sekitarnya.

Sementara, Sudjarno dalam sambutannya menyatakan bahwa Kwarcab Ponorogo akan terus mengaktifkan saka-saka Pramuka seperti Saka Dirgantara, Bhayangkara, Bahari, Bakti Husada, Keluarga Berencana, Taruna Bumi, Wanabakti, Wira Kartika, dan Kalpataru.

“Dengan harapan saka-saka yang ada dapat membantu pemerintah dalam membangun masyarakat menuju Ponorogo yang lebih maju, berbudaya dan religius. Hal ini merupakan suatu keniscayaan karena anggota Pramuka merupakan para pemuda yang aktif, disiplin, cinta tanah air, berbudi luhur dan bertaqwa kepada Tuhan YME,” jelas Sudjarno. (yah/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO