515 Siswa di Senori Ikuti Munaqosah

515 Siswa di Senori Ikuti Munaqosah Para siswa di wilayah Senori saat mengikuti Munaqosah. foto: AHMAD/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 515 siswa dari tingkat MI, MTS, SD dan SMP mengikuti Munaqosah (ujian) bacaan Al Qur'an di balai Desa Wanglu Wetan, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, Minggu (7/4).

Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama Lembaga Pembinaan dan Pendidikan Taman Kanak-Kanak (LPPTKA) dan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Tuban.

Liswanto, salah satu panitia mengatakan bahwa munaqosah ini digelar untuk menindaklanjuti peraturan daerah (Perda) nomor 6 tahun 2016, tentang Pendidikan Akhlak Mulia dan terwujudnya masyarakat Kabupaten Tuban yang religius bersih, maju, sejahtera.

"Munaqosah di Kecamatan Senori ini diikuti 45 lembaga atau Taman Pendidikan Alquran yang berada di wilayah Senori," jelasnya.

Dijelaskannya, pelaksanaan munaqosah dibagi 2 gelombang. Pada gelombang pertama diikuti 172 siswa-siswi dari lembaga pendidikan non-swasta (Negeri), sedangkan gelombang kedua diikuti 118 siswa siswi dari pendidikan Swasta. Dalam munaqosah peserta diuji dengan cara tanya jawab dan mempraktekkan materi yang diberikan oleh tim panitia. Selain itu, peserta juga diuji pemahaman surat pendek Al Qur'an, Tartil, doa-doa harian, praktek sholat, dan ayat-ayat pilihan.

"Alhamdulillah acaranya berjalan lancar," jelasnya. (ahm/wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO