Empat Bulan Warga Miskin di Sumenep Belum Terima Bantuan Rastra

Empat Bulan Warga Miskin di Sumenep Belum Terima Bantuan Rastra Asisten Perekonomian Setkab Sumenep, Hery Koentjoro Pribadi.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Empat bulan masyarakat yang masuk dalam kategori miskin yang ada di Kabupaten Sumenep, Madura belum menerima bantuan beras untuk warga sejahtera (Rastra).

Asisten Bagian Perekonomian Setkab Sumenep, Hery Koentjoro Pribadi mengatakan, pendistribusian bantuan beras bersubsidi kepada penerima manfaat belum dilakukan, karena masih dalam tahap validasi data penerima yang dilakukan oleh Kepala Desa. "Belum didistribusikan, masih tahap validasi data," katanya, Kamis, 20 April 2017.

Kabupaten Sumenep terdapat 330 desa yang tersebar di 27 kecamatan, 9 kecamatan kepulauan dan 18 kecamatan daratan. Jumlah Daftar penerima manfaat (DPM) rastra mencapai 128.016 orang dengan jumlah pagu 1.920 ton, 24 kilo per bulan atau 23.042 ton, 880 kilo dalam setahun.

Sementara subsidi yang diberikan oleh pemerintah kepada warga miskim sekitar Rp 7 ribu lebih per satu kilogram. Pemerintah membeli beras kepada bulog dengan harga Rp 9 ribu lebih. Sementara penerima manfaat dibebankan untuk melakukan penebusan sebesar Rp 1600 per kilogram.

"Kalau launchingnya sudah, itu bulog yang mengadakan. Kami juga telah meminta bulog untuk mempersiapkan stock beras," jelasnya.

Adapun sistem pendistribusian tetap menggunakan sistem cash and carry, artinya penebusan harus dibayar diawal baru beras itu bisa didistribusikan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO