Usai Lomba Desain Batik Khas Nganjuk, Disperindag Wacanakan Lomba Rancang Busana Batik

Usai Lomba Desain Batik Khas Nganjuk, Disperindag Wacanakan Lomba Rancang Busana Batik Para pemenang kategori umum saat menerima trofi. foto: BAMBANG DJ/ BANGSAONLINE

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Saat yang ditunggu-tunggu bagi 12 pemenang lomba desain batik Nganjuk yang digelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) setempat akhirnya tiba. Mereka Senin (10/4) siang tadi diundang untuk hadir dalam penyerahan hadiah berupa trofi, sertifikat, dan uang pembinaan.

Sekretaris Disperindag Nganjuk Heru Purnomo mengatakan, ada 12 pemenang dalam lomba desain batik Nganjuk. Untuk kategori umum ada 6 orang dan pelajar 6 orang.

Dengan hasil ini, lanjut Heru, maka saat ini masyarakat Nganjuk sudah memiliki desain batik khas dengan ciri khas stupa.

"Karya para desain batik sudah menjadi hak milik masyarakat nganjuk. Saya berharap nantinya bisa diperbanyak terutama para IKM (Industri Kecil Menengah),” kata Heru, kepada Bangsaonline.com, Senin (10/04).

Ia berpesan, bagi para IKM pengrajin batik yang ada di Kabupaten Nganjuk yang ingin memperbanyak dan mengaplikasikan karya pemenang menjadi kain batik khas nganjuk, bisa datang ke Disperindag. Karena saat ini Disperindag sendiri sudah mulai bekerja sama dengan IKM, agar ragam batik khas Nganjuk dengan stupanya mulai banyak diproduksi.

“Banyak ragam yang terus kita gali, agar batik Nganjuk bisa diminati secara luas,” jelasnya.

Ditambahkan Heru, pasca lomba desain batik, pihaknya saat ini tengah merencanakan mengadakan lomba merancang busana batik. Nantinya para desainer akan menggunakan desain para pemenang saat ini.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO