Tak Kantongi Izin, Dispol PP Gresik Segel Indomaret Kedanyang

Tak Kantongi Izin, Dispol PP Gresik Segel Indomaret Kedanyang Petugas Dinas Satpol PP Pemkab Gresik saat menyegel Indomaret di Desa Kedanyang. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Dispol PP (Dinas Satuan Polisi Pamong Praja) Pemkab Gresik terus menertibkan usaha perekonomian yang nekat melakukan aktivitas tanpa dilengkapi izin. Beberapa waktu lalu, satuan penegak perda itu menghentikan aktivitas pembangunan puluhan tower sululer di wilayah kota Gresik dan Kebomas yang berdiri tanpa dilengkapi izin.

Kini, giliran minimarket Indomaret di Desa Kedanyang Kecamatan Kebomas yang ditutup paksa Dispol PP, Jumat (31/3) malam. Usaha waralaba itu ditutup karena bangunan yang ditempati tidak mengantongi IMB (Izin Mendirikan Bangunan) usaha.

"Karena IMB tidak ada, Indomaret Kedanyang nekat buka, ya kami tutup paksa," kata Kabid Pembinaan Umum dan Ketertiban Masyarakat Dispol PP Pemkab Gresik, Agung Endro kepada BANGSAONLINE.com, Sabtu (1/4/1/2017).

Sebelumnya, pihak Dispol PP mendapatkan laporan dari OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait seperti BPTSP (Badan Perizinan Terpadu Satu Pintu) bahwa minimarket di Desa Kedanyang beroperasi tanpa dilengkapi izin. Kemudian, BPTSP meminta bantuan Dispol PP selaku penegak Perda (peraturan daerah) agar menghentikan dan menutup aktivitas Indomaret.

Sebagai tindak lanjut, Satpol PP sudah melayangkan surat pemanggilan terhadap manajemen minimarket Indomaret tersebut untuk dimintai keterangan.

"Dispol PP tidak akan mencabul segel Indomaret Kedanyang hingga pemiliknya mengantongi IMB yang dibutuhkan. Kalau semua izin sudah lengkap, segel baru kami cabut (lepas) dan pemiliknya diizinkan menjalankan usahanya kembali," pungkasnya.

Sayang, pihak manajemen minimarket Indomaret Kedanyang belum bisa dimintai klarifikasi terkait penyegelan IndoMaret yang dikelolanya karena tak ber-IMB. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO