Senin, 21 Oktober 2019 06:17

Kebiasaan Baik KH Hasyim Muzadi (9): Dikritik Keras pun, Direspon Senyum dan Tak Marah

Jumat, 31 Maret 2017 22:56 WIB
Kebiasaan Baik KH Hasyim Muzadi (9): Dikritik Keras pun, Direspon Senyum dan Tak Marah

Oleh: M Mas'ud Adnan

Meski kenal baik dan sering diajak diskusi, tapi saya tetap kritis dalam merespon pemikiran dan kebijakan Kiai Hasyim Muzadi. Lebih-lebih saat Kiai Hasyim Muzadi menjabat sebagai ketua umum PBNU. Suatu saat saya menulis opini di Jawa Pos berjudul 'NU Mulai Miring ke Kanan'. Tulisan itu mengkitisi sikap PBNU yang cenderung formalistik dalam merespon situasi sosial politik. Kabarnya, banyak sekali teman-teman di sekeliling Kiai Hasyim Muzadi memberi masukan (untuk tak mengatakan memprovokasi) agar beliau menyikapi tegas tulisan saya itu.

Tapi ternyata Kiai Hasyim Muzadi tetap tenang dan tak terprovokasi. Termasuk ketika bertemu saya. Malah sambil tertawa Kiai Hasyim Muzadi mengajak guyon ketika bertemu saya. ”Gimana Mas’ud, la mahalla di PKB ya,” katanya sembari tertawa. Saya ikut tertawa tapi – terus terang – tersipu malu. Ternyata Kiai Hasyim Muzadi punya jiwa besar dan luar biasa.

Terkait tulisan saya, Kiai Hasyim Muzadi menjelaskankan secara bijak dan pakai logika cerdas. ”Selama ini NU cenderung ke kiri. Makanya ketika NU saya tarik ke tengah orang merasa ditarik ke kanan,” katanya sambil tersenyum.

Saya pun tersenyum. Saya membatin, Kiai Hasyim Muzadi ini memang cerdas. Setiap menjawab persoalan selalu pakai logika sehingga lawan bicara dan debatnya bisa menerima secara rasional.

Kecerdasan Kiai Hasyim Muzadi ternyata bukan hanya dalam pemikiran dan wacana. Tapi juga dalam memimpin organisasi NU. Kiai Hasyim Muzadi bukan hanya muballigh dan penceramah, tapi juga seorang organisator ulung. Buktinya, selama NU dipimpin Kiai Hasyim Muzadi, semua PWNU dan PCNU benar-benar tertata secara organisatoris. Bahkan pada era kepemimpinan Kiai Hasyim Muzadi inilah PCI di luar negeri banyak ditumbuhkan.

Kepiawaian dan kecerdasan dalam memimpin NU itulah yang semakin mengibarkan wibawa Kiai Hasyim Muzadi di tingkat nasional dan internasional. Banyak ulama internasional yang terus menjalin komunikasi dengan Kiai Hasyim Muzadi, meski beliau sudah tak duduk dalam struktur PBNU.

Karena itu wajar kalau banyak tokoh yang kagum terhadap kehebatan Kiai Hasyim Muzadi. KHR Fuad Amin, mantan bupati Bangkalan, pernah menyatakan, “Seandainya NU punya 5 orang atau kiai seperti Kiai Hasyim Muzadi, pasti NU maju,” katanya suatu ketika.

Faktanya memang banyak ketua NU tak paham ilmu organisasi sehingga tak bisa membedakan antara dirinya dengan lembaga yang dipimpinnya. Misalnya PWNU atau PCNU dianggap identik dengan dirinya sehingga merasa power full. ”PWNU itu kan saya, PCNU itu kan saya.” Bahkan kadang mereka juga tak bisa membedakan apa itu pleno dan rapat. (m mas’ud adnan/bersambung)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...