Sejumlah SMPN di Gresik Belum Siap Gelar UNBK

Sejumlah SMPN di Gresik Belum Siap Gelar UNBK Rombongan Komisi D DPRD Gresik saat sidak di SMPN Benjeng. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Sejumlah SMPN (Sekolah Menengah Pertama Negeri) di Kabupaten Gresik ternyata banyak yang belum siap menjalankan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) tahun ini.

Alasannya, mereka belum memiliki infrastruktur memadai. Kondisi ini diketemukan saat Komisi D DPRD Gresik melakukan KKDD (Kunjungan Kerja Dalam Daerah) di sejumlah sekolah, kemarin. Hal ini diungkapkan Noto Utomo, salah satu anggota Komisi D.

Untuk itu, kata Noto, sekolah-sekolah tersebut tetap menjankan UN dengan model paper test atau berbasis kertas.

Sekolah-sekolah yang belum siap menjalankan UNBK itu di antaranya, SMPN 1 Benjeng dan SMPN 2 Benjeng. Untuk SMPN 1 Benjeng tak bisa ikut UNBK karena ruangan yang dimiliki belum siap.

"Sekolah tersebut baru ada 2 ruang. Masih butuh bantuan ruangan dari pemerintah," terang politisi muda PDIP asal Kecamatan Bungah ini.

"Kalau SMPN 2 Benjeng tak siap UNBK karena jaringan untuk UNBK belum tersedia," ungkapnya.

Karena itu, ke depannya, Komisi D meminta kepada Dispendik (Dinas Pendidikan) Pemkab Gresik agar menyiapkan semua kebutuhan UNBK di di semua SMPN. "Sehingga, Unas di tahun 2018 semua SMPN di Kabupaten Gresik sudah UNBK," pungkasnya.

Sesuai schedule, untuk pelaksanaan UN SMP/MTs gelombang I-II akan digelar pada tanggal 15-16 Mei tahun 2017. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO