Pelebaran Jalan Untung Surapati, DPU Bina Marga Pasuruan Usulkan Dana ke Pusat

Pelebaran Jalan Untung Surapati, DPU Bina Marga Pasuruan Usulkan Dana ke Pusat Proses perbaikan Jalan Raya Raci, beberapa waktu lalu. foto: ilustrasi

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Rencana pelebaran jalan Nasional, tepatnya di jalan Untung Surapati, Bangil, Kabupaten Pasuruan terus dimatangkan. Pihak Dinas PU Bina Marga menargetkan pelebaran tersebut akan direalisasikan tahun 2018.

Rencana tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan, Hari Aprianto. Ia menuturkan konsep pelebaran jalan Untung Surapati Bangil sisi utara, yakni sepanjang kurang lebih 300 meter. Mulai dari BCC yang berada di sebrang timur Alun-alun Bangil hingga swadesi Bangil. Tak tanggung-tanggung, pelebaran jalan yang akan dilakukan, mencapai 12 meter.

“Untuk rencana pelebaran sepanjang di timur Alun-alun Bangil di perkirakan kurang lebih 300 meter dengan lebar 12 meter. Pohon perindangan dan trotoar yang ada di tepi jalan setempat akan pangkasi hingga dialihfungsikan menjadi jalan,” kata Hari, saat ditemui di kantornya Senin (13/3).

Hari menambahkan, wacana itu tengah dimatangkan, bahkan sudah diusulkan ke kementerian PU. Meski tak menyebut rincian anggaran yang dibutuhkan, wacana tersebut memang akan membutuhkan dana yang tak sedikit. Karena, bisa menelan miliaran rupiah.

Sebab, pelebaran yang akan dilakukan, bakal mengenai lahan warga. Sehingga, diperlukan pembebasan lahan, untuk merealisasikannya. “Sedang kami usulkan ke kementerian Pekerjaan Umum,” sambungnya.

Pihaknya sendiri berharap, agar wacana itu bisa disetujui oleh pemerintah pusat. Karena, pelebaran jalan setempat bakal berpengaruh terhadap kondisi arus di Bangil saat ini. Dengan pelebaran jalan tersebut, otomatis akan menekan bahkan bisa menghindari kemacetan di jalur pusat Bangil.

“Ini juga berkaitan dengan penetapan Bangil menjadi ibu kota Kabupaten Pasuruan. Supaya, kawasan setempat tidak macet lagi dan bisa lebih tertata. Kami targetkan tahun 2018 bisa terwujud,” tambah dia. (abi/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO