Tuding Ada Pungli dalam Program Prona, Puluhan Massa Demo BPN Pamekasan

Tuding Ada Pungli dalam Program Prona, Puluhan Massa Demo BPN Pamekasan Massa saat berdemo di depan kantor BPN.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Puluhan massa mendatangi Kantor Badan Pertanahan Negara (BPN) Pamekasan, kemarin.

Aksi massa dari sebuah LSM ini dipicu adanya dugaan pungli oleh pegawai kepada warga yang mengikuti program prona, yang merupakan program pensertifikatan tanah secara massal.

”Perlu kita ketahui bersama, Prona ini jelas sudah dianggarkan Pemerintah, tanpa ada pungutan di bawah,” tegas, Syaiful Bahri, salah satu pendemo.

”Pihak BPN harus bertanggung jawab, karena BPN adalah penanggung jawab pelaksana Prona. Kami sudah punya data,” timpak Samhari, selaku korlap aksi demo.

Menjawab tudingan massa, Sukidi, Kasi Pengukuran menjelaskan, bahwa program Prona memang gratis. Namun, ia menjelaskan, yang dimaksud gratis adalah terkait penyuluhan, pengumpulan data yuridis, pengukuran, pemeriksaan tanah oleh panitia, pengesahan, penertiban, dan lainnya karena dibiaya oleh APBN.

"Kalau untuk tahun ini biaya pengukuran Yuridis Rp 209.000, dan pihak BPN melarang adanya Pungli. Kalaupun ada yang memungut Rp 300 ribu sampai Rp 600 ribu, ini di luar tanggung jawab BPN," pungkasnya.

Massa berjanji membawa kasus ini ke pihak kejaksaan karena mereka beranggapan sudah mengantongi bukti-bukti adanya dugaan pungli di program Prona. (err/ros) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO