Dewan Dukung BBPJN VIII Ubah Sistem Perbaikan Jalan Tahun Depan

Dewan Dukung BBPJN VIII Ubah Sistem Perbaikan Jalan Tahun Depan

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dinilai sistem pembiayaan perbaikan jalan long segment memiliki banyak kekurangan, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII akan menerapkan sistem swakelola dan long segment pada 2018.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Jatim Hamy Wahjunianto menyatakan, penggunaan sistem pembiayaan swakelola dan long segment tidak bisa dilakukan tahun ini. Pasalnya, anggaran yang ada pada APBN murni tahun ini tidak bisa diubah. Sebab hal itu telah digedok. Sedangkan untuk tahun depan, sangat dimungkinkan perubahan sistem pembiayaan perbaikan jalan secara swakelola dilakukan.

"Dengan Dirjen Bina Marga menyatakan perbaikan jalan awal Maret 2017 bebas lubang. Saya rasa sudah bagus sistem yang digunakan. Dan perbaikan hingga akhir tahun ini, seharusnya anggarannya cukup. Jadi tak ada lagi jalan rusak di Jatim," terang politsi yang akrab disapa Ustadz Hamy itu, Kamis (2/3).

Politisi asal Partai Keadilan Sosial ini menilai, sistem swakelola yang ditetapkan oleh sudah tepat sebenarnya. Di mana penggunaan sistem tersebut ditetapkan pada proyek di bawah Rp 200 juta.

"Sistem swakelola ini melibatkan Dinas PU Bina Marga Jatim beserta UPT dalam memperbaikinya. Ini yang sering saya sebut sistem perbaikan jalan retail," urainya.

Sedangkan untuk sistem long segment ini, menurutnya, masih banyak kekurangan. Karena perbaikan baru bisa dilakukan setelah sistem lelang dilaksanakan. Hal ini yang membuat kerusakan periode November hingga Februari tak tertangani. Padahal pada periode tersebut telah masuk musim hujan, yang kemudian membuat kerusakan semakin parah.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO