Perangi Pungli dan Kejahatan, Polres Banyuwangi Gandeng Banser

Perangi Pungli dan Kejahatan, Polres Banyuwangi Gandeng Banser Kapolres bersama anggota Banser foto bersama.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Polres Banyuwangi dipimpin langsung oleh AKBP Agus Yulianto selaku Kapolres menggelar pertemuan dengan Gerakan Pemuda (GP) Ansor setempat, kemarin (20/2/17). Pertemuan ini bertujuan untuk mengajak Banser (Barisan Ansor Serbaguna) berpartisipasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

AKBP Agus Yulianto mengatakan bahwa pihaknya mengajak Banser lantaran komitmen banom NU tersebut dalam menegakkan amar ma'ruf nahi mungkar tidak perlu diragukan.

"Maka dari itu polisi butuh Banser untuk membantu tugas aparat," tutur Kapolres di hadapan para kader Ansor di ruang Rupatama Polres Banyuwangi.

Dalam kesempatan itu, Kapolres juga meminta Banser ikut berperan dalam memerangi pungutan liar (pungli).

"Dengan sudah dibentuknya Tim Saber Pungli di Banyuwangi, kita mengharapakan bantuan anggota Banser yang tinggal di pelosok desa bisa memberi masukkan terkait adanya pungutan liar (pungli) yang ada di wilayahnya masing-masing. Begitu tahu hal-hal yang mencurigakan silakan lekas melapor dan cepat diinformasikan ke Tim Saber Pungli agar bisa segera bergerak melakukan penyelidikan," terang AKBP Agus Yulianto.

Selain itu, Kapolres juga meminta bantuan Banser dalam menjaga kondusivitas di Banyuwangi. Hal ini terkait tindak kejahatan maupun penyalahgunaan narkoba.

"Saya minta bila ada info seperti itu (narkoba dan kejahatan) segera koordinasi dan segera menyampaikan informasi tersebut kepada anggota Bhabinkamtibas maupun Polsek terdekat. Karena peran Banser sangat kita butuhkan karena personil polisi yang ada sekarang ini masih terbatas," jelasnya

Mashud, perwakilan dari Banser menyambut baik ajakan Kapolres untuk menjaga keamanan dan ketertiban wilayah Banyuwangi maupun menjaga kedaulatan Negara. Menurutnya, silaturahmi ini menjadi alat komunikasi antara Polisi dan Banser.

"Keterbukaan jajaran kepolisian dengan anggota Banser memang harus dijalankan, supaya anggota Banser bisa membantu tugas aparat. Makanya, Banser siap mendukung langkah polisi dalam menciptakan situasi Kamtibmas di Kabupaten Banyuwangi," katanya. (bwi1/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO