Siswa di Tuban Dilarang Rayakan Valentine Day, Wali Murid Dukung

Siswa di Tuban Dilarang Rayakan Valentine Day, Wali Murid Dukung Ilustrasi

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tuban melarang semua sekolah di Tuban, negeri maupun swasta, merayakan Hari Kasih Sayang alias Valentine's Day, Selasa (14/2) besok.

Larangan untuk merayakan Valentine's Day itu dilakukan melalui surat edaran, yang sudah disebarkan Disdik ke seluruh sekolah negeri dan swasta yang ada di Kabupaten tersebut.

Surat edaran Disdik Tuban itu bernomor 420/101/101.c21/2017, bertanda tangan Kepala Disdik Tuban Edy Sukarno.

Seorang wali murid, Hendro (45), mengaku sangat mendukung adanya surat edaran dari Disdik tersebut. Menurutnya, perayaan tidak ada manfaatnya bagi para siswa.

"Biasanya mereka mengisi dengan bersenang-senang saja, itu sangat tidak bermanfaat. Lebih baik siswa mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif, dan melestarikan nilai-nilai budaya bangsa," ujarnya kepada BANGSAONLINE.com, Senin (13/2).

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kabupaten Tuban, Nabrisi Rohid. Ia menilai merayakan Valentine's Day tidak ada manfaatnya, hanya membuang-buang waktu. Untuk itu ia mengimbau kepada para pemuda, terutama pelajar, agar menggelar kegiatan yang positif atau bermanfaat. Sebab, valentine merupakan budaya asing, sehingga dapat menggerus budaya asli bangsa Indonesia.

"Seharusnya para siswa harus menamkan rasa cinta terhadap budaya sendiri, jangan sampai tidak mengenal budaya asli bangsa Indonesia," jelas Naha, sapaan akrabnya. (gun/wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO