Jelang Tahun Baru, BNNK Banyumas Perketat Pemantauan Tempat Hiburan Malam

Jelang Tahun Baru, BNNK Banyumas Perketat Pemantauan Tempat Hiburan Malam

BANYUMAS, BANGSAONLINE.com - Menjelang perayaan Tahun Baru 2017, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Banyumas memperketat pemantauan tempat hiburan malam.

Kepala BNNK Banyumas, AKPB Azis Nurwanto Sulistyo mengatakan, momentum perayaan tahun baru berpotensi terjadi banyak penyalahgunaan narkoba. Pihaknya berupaya menekan peredaran narkoba, agar pada perayaan tahun baru nanti steril dari narkoba.

BACA JUGA:

“Dari apa yang kami tahu, bahwa menyambut tahun baru ada kecenderungan sebagian masyarakat yang hura-hura, pesta-pesta. Di berbagai kota kecenderungan pesta itu kebablasan. Makanya kami mengantisipasi hal itu,” katanya, kemarin (13/12).

Lanjutnya, dugaan itu bukan hanya isapan jempol semata. Berdasarkan hasil razia yang telah dilakukan beberapa waktu terkahir di tempat-tempat hiburan malam, BNNK mengamankan belasan karyawan dan pemandu lagu yang terbukti mengkonsumsi narkoba.

“Terbukti dari beberapa kali razia yang kami laksanakan, khususnya untuk karyawan dan pemandu lagu tempat karaoke, ternyata banyak sekali yang terindikasi menggunakan narkoba, dengan bukti tes urine positif. Orang-orang seperti mereka yang rawan terpapar narkoba,” katanya.

Razia tersebut dilakukan di berbagai tempat karaoke dan hiburan malam di wilayah Banyumas. Antara lain di sekitar kawasan obyek wisata Baturraden dan sejumlah tempat karaoke serta kafe di wilayah Purwokerto. Berdasarkan data BNNK, angka prevelansi penyalahgunaan narkoba di Banyumas mencapai 1,98 persen. Artinya jika penduduk di Banyumas sebanyak 1,7 juta jiwa, ada sekitar 35.000 jiwa yang terpapar narkoba. Sebagian besar merupakan usia produktif, dari pelajar hingga pekerja.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO