KH Hasyim Muzadi: Lembaga Bahtsul Masail PBNU Bukan Pemutus Agama

KH Hasyim Muzadi: Lembaga Bahtsul Masail PBNU Bukan Pemutus Agama KH Hasyim Muzadi (dua dari kiri), saat memberikan pemaparan dalam Kongres XVII Muslimat NU. foto: BANGSAONLINE

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - KH A Hasyim Muzadi mengingatkan bahwa Lembaga (LBM) dalam Nahdlatul Ulama bukan lembaga pemutus agama.

"Lajnah (kini lembaga) hanya setingkat merumuskan dan menampung berbagai macam pendapat tentang hukum agama," kata Kiai Hasyim Muzadi usai menjadi narasumber dalam Kongres XVII Muslimat NU di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Jumat (25/11).

Mantan Ketua Umum PBNU itu menegaskan bahwa lembaga pemutus tentang hukum agama dalam PBNU adalah Syuriah secara kolektif berdasarkan musyawarah bersama. Sedangkan yang menyampaikan keputusan Syuriah kolektif tersebut adalah otoritas Rais Am atau siapa yang ditunjuk untuk menjadi juru bicaranya.

"Hal ini karena setiap bagian dan tingkat kepengurusan di jajaran NU bahkan pondok-pondok pesantren diperbolehkan mengadakan bahtsul masail sendiri-sendiri," katanya.

Namun, tegas Kiai Hasyim, tetap saja keputusanya ada pada Syuriah PBNU secara kolektif atau keputusan muktamar NU.

Menurut Kiai Hasyim Muzadi, bila lembaga memutuskan sendiri tanpa keputusan Syuriah, maka keputusan tersebut belum valid. "Karena wilayah atau cabang NU bahkan pesantren-pesantren bisa saja mengambil keputusan yang berbeda," tegasnya.

Lihat juga video 'Pastor Sindir Kiai Poligami, Ini Respon Cerdas dan Jenaka KH A Hasyim Muzadi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO