Peringati HGN, Siswa-siswi di Jombang Sungkem dan Basuh Kaki Guru

Peringati HGN, Siswa-siswi di Jombang Sungkem dan Basuh Kaki Guru Para siswa membasuh kaki gurunya, Jumat (25/11). foto: ROMZA/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Peringatan (HGN) 25 November menjadi momentum berarti bagi para siswa untuk menyampaikan rasa terimakasih dan baktinya kepada sang pahlawan tanpa tanda jasa yang membimbingnya.

Salah satu ungkapan terimakasih dilakukan siswa Madrasah Aliyah Assulaimaniyah Desa Mojolegi, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang dengan membasuh kaki para guru. Tak hanya itu, para siswa juga memijat serta memberikan kado untuk gurunya.

Secara bergantian, para siswa membasuh kaki gurunya. Mereka "sungkem" dengan duduk bersimpuh di hadapan para guru yang sedang duduk di kursi. Sejumlah guru pun larut dalam suasana bahkan tak jarang yang meneteskan air mata.

Selain itu, para siswa juga memijat guru serta menyuapi makanan kepada para guru. Suasana tambah haru ketika sekelompok siswa dari kelas XI Ilmu pengetahuan sosial memberikan kado serta bunga dengan diiringi lagu Hymne Guru.

"Apa yang kami lakukan tidak seberapa dan belum cukup sebagai ungkapan terima kasih kami kepada bapak ibu guru yang senantiasa memdidik kami," ujar Devi Novitasari salah satu siswa MA Assulaimaniyah, Jumat (25/11).

Senada, Sulis Setyowati, siswi lainnya mengatakan, selain ungkapan terima kasih perbuatan yang dilakukan oleh para siswa sebagai bentuk penghormatan kepada para guru. "Mungkin saat ini, hanya ini selain bakti dan hormat kami yang dapat kami berikan untuk para guru," tandasnya.

Terpisah, Kepala Sekolah MA. Assulaimaniyah, Barrurokhim mengatakan, aksi tersebut spontan dilakukan oleh para siswa tanpa ada koordonisasi dengan guru. "Semua disiapkan oleh para siswa dan kami juga kaget dengan aksi yang dilakukan oleh siswa tersebut," ujarnya.

Aksi tersebut menurut Barrurokhim sebagai ungkapan terima kasih dan penghormatan kepada kepada guru di peringatan hari guru, dirinya berharap agar para siswa lebih tekun, taat serta hormat kepada para guru dan berhasil dalam cita-cita mereka. (rom/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO