Ratusan Siswa di Sumenep Terhanyut dalam Lagu 'Gugur Bunga' di Makam Pahlawan

Ratusan Siswa di Sumenep Terhanyut dalam Lagu Siswa saat tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Sumenep. (foto: RAHMATULLAH/ BANGSAONLINE)

SUMENEP, BANGSAONLINE.com – Ratusan siswa MI Attaufiqiyah dari Kecamatan Bluto memadati Taman Makam Pahlawan di Desa Pamolokan, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, pagi tadi, Kamis (10/11). Hal itu untuk memperingati yang jatuh hari ini.

Setibanya di Taman Makam Pahlawan, siswa-siswa ini menundukkan wajah untuk mengheningkan cipta. Lalu mereka terlihat meresapi lirik-lirik lagu "Gugur Bunga" yang kemudian dilanjutkan mengumandangkan lagu "Indonesia Raya". Setelah itu, mereka menaburkan bunga di atas makam pahlawan yang berjejer di depannya.

Seorang siswa, Fayyasy Auval Fuadi, menuturkan bahwa kedatangannya bersama teman-teman untuk mendoakan para pahlawan dan menaburkan bunga di atas makam-makam pahlawan itu. Dia mengaku senang mendatangi makam pahlawan itu, terlebih didampingi oleh guru dan kepala madrasah.

“Semoga para pahlawan diberi kehidupan yang layak di alam kubur,” harapnya.

Sementara Kepala MI Attaufiqiyah, Homaidi, memaparkan bahwa kegiatan ziarah makam pahlawan itu merupakan upaya menanamkan nilai patriotisme dan nasionalisme sejak dini pada diri sang murid, sehingga para murid bisa mengenang jasa pahlawan dan meneladani perjuangannya.

Dia menuturkan, kegiatan itu merupakan rutinitas yang dilakukan tiap tahun, tepatnya di hari pahlawan yang tidak bisa ditinggalkan. Sebab baginya, hari pahlawan merupakan momentum yang tidak boleh terlewatkan begitu saja.

“Hal ini merupakan sarana kami untuk mendidik murid agar tidak melupakan para pejuang masa lalu,” tandasnya. (mat/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO