PPDB Online Tak Siap, Dewan Undang Telkom dan Dinas P dan K

PPDB Online Tak Siap, Dewan Undang Telkom dan Dinas P dan K ?Abdullah Fanani, anggota DPRD Kota Mojokerto. foto:yudi eko purnomo/BANGSAONLINE



MOJOKERTO (bangsaonline) - Karena tak juga online, Komisi III DPRD Kota Mojokerto mengagendakan mendatangkan menggelar pihak PT Telkom dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kota Mojokerto, beberapa hari mendatang.

Kedua pimpinan institusi tersebut diklarifikasi menyusul tertundanya launching website Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online yang sedianya digulirkan 10 Juni lalu.

Komisi yang membidangi kesra ini bahkan akan meminta PT Telkom mendemokan aplikasi garapannya yang dibeli Pemkot sekitar Rp 200 juta tersebut. "Dalam pekan ini, Telkom harus kita hadirkan di dewan. Bersama Dinas P dan K selaku penyelenggara (PPDB) harus praktik di depan kami. Mereka harus menjamin bahwa server dan seluruh variabel perangkat siap seratus persen. Jangan ada pelayanan yang merugikan masyarakat karena anggaran sudah disediakan," kata Abdullah Fanani, anggota DPRD Kota Mojokerto, Senin (16/6) kemarin.

Tertundanya launching website, memunculkan tanda tanya besar. Bahkan kesiapan online di Kota Mojokerto mulai diragukan. Setidaknya jadwal dan tahapan sistem online untuk pertama kali dalam penerimaan peserta didik baru di kota ini terbengkalai.

Minggu ini, idealnya seluruh kesiapan sudah matang. Server dan seluruh aplikasi sudah bisa diakses dengan baik dan terbuka untul umum. Namun hingga saat ini, website yang diprogram khusus untuk www.mojokerto.siap-ppdb.com belum juga bisa dibuka dengan sempurna. Masyarakat yang hendak mencoba pun tidak bisa mengakses.

Hanya ada kalimat siap tanpa didukung informasi pendukung dan tata cara pelaksanaan online. Jangankan tata cara, informasi seputar jadwal saja tidak ada di web.

"Kami tidak pernah tahu bagaimana cara mendaftar online. Tidak diberi tahu. Minimal di balai-balai RW ditempel biar orang kampung tahu," kata Muhammad Solikin, warga Kelurahan Meri, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO