Proyek Tol Pandaan-Malang Digelontor Dana Rp 1,3 T

Proyek Tol Pandaan-Malang Digelontor Dana Rp 1,3 T Jalan tol Surabaya Malang saat ini masih terhenti di Pandaan. Nantinya, tol Pandaan-Malang akan tersambung setelah dapat kucuran dana sindikasi.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. melalui kelompok usahanya PT Jasa Marga Pandaan Malang (JPM) memperoleh pembiayaan kredit dari sindikasi BNI, BCA dan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). JPM mendapatkan dana sebesar Rp 1,35 triliun sebagai dana talangan tanah untuk proyek jalan tol Pandaan-Malang.

PT Jasamarga Pandaan Malang adalah operator jalan tol Pandaan-Malang yang merupakan perusahaan patungan PT Jasa Marga (Persero) Tbk dengan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (PP) dan PT SMI. Jasa Marga memiliki kepemilikan saham sebesar 60 persen, PT PP sebesar 35 persen, dan PT SMI sebesar 5 persen.

Penandatangan perjanjian kredit sindikasi berjangka waktu dua tahun tersebut dilakukan di Jakarta oleh Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang M Agus Setiawan, Direktur SMI Edwin Syahruzad, Pemimpin Divisi BUMN dan Institusi Pemerintah BNI Henry Panjaitan, dan Kepala Unit Group Business Corporation BCA Yuli Melati Suryaningrum. Acara ini turut disaksikan oleh Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga Hasanudin dan Direktur Operasi PT Penjamin Insfrastruktur Indonesia (PII) Salusri Satria.

Konstruksi jalan tol Pandaan-Malang direncanakan mulai akhir tahun 2016 dan beroperasi tahun 2018. Jalan tol Pandaan-Malang sepanjang 37,62 km mempunyai peranan penting dalam memperlancar arus transportasi yang dapat berdampak pada pertumbuhan sektor rill di Pulau Jawa, khususnya Jawa Timur. Jalan tol Pandaan-Malang merupakan salah satu konsesi Jasa Marga pada tahun 2016 selain proyek jalan tol Balikpapan-Samarinda, jalan tol Manado-Bitung, jalan tol Batang-Semarang dan jalan tol Jakarta-Cikampek II (elevated).

Hingga triwulan ketiga tahun 2016, Jasa Marga memiliki jalan tol yang beroperasi sepanjang 593 kilometer atau 61% dari panjang jalan tol yang beroperasi di Indonesia. Adapun total konsesi jalan tol yang dimiliki sepanjang 1260 kilometer. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO