Listrik Padam, Warga Giligenting Ngeluruk Kantor Rayon PLN

Listrik Padam, Warga Giligenting Ngeluruk Kantor Rayon PLN Massa dari Pulau Giligenting yang melakukan aksi demo di kantor PLN.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Kurang lebih dari 400 warga masyarakat Pulau Giligenting Kecamatan Giligenting menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Sub Rayon PLN Giligenting, Jumat pagi (21/10).

Mereka menuntut PLN segera menyelesaikan masalah pemadaman listrik agar listrik kembali normal seperti semula. Mereka juga meminta instansi terkait ikut bertanggung jawab atas situasi tersebut. “Sehingga masyarakat tidak hanya dibayar janji serta iming–iming saja,” kata korlap aksi Abd. Mannan Alhasy, kepada BANGSAONLINE.

Selain itu, masyarakat menginginkan listrik hidup 24 jam seperti yang sudah dijanjikan oleh bupati sebelumnya. Jika listrik terus-terusan padam, maka perputaran ekonomi dan kehidupan di Pulau Giligenting ini terancam mandeg dan tidak bisa bergerak,” tegasnya

Tidak hanya itu, masyarakat di Pulau Giligenting juga membutuhkan perhatian seperti di daratan. “Apa bedanya? Sama_sama masyarakat kabupaten? Ini yang terkesan pemkab cuci tangan dengan keberadaan warga kepulauan,” tudingnya.

Sementara itu pengamanan oleh pihak Polres dipimpin langsung oleh Kasubag Humas Polres, AKP, Hasanuddin. “Pengamanan dengan Siaga untuk mengantisipasi situasi yang tidak kita inginkan. Alhamdulillah hingga saat ini aksi unjuk rasa berjalan aman dan kondusif,” jelas Hasanuddin.

Puluhan anggota Polres diterjunkan untuk mengamankan aksi demo yang dilakukan ratusan warga yang tergabung Aliansi Pemuda Giligenting (ASPEG) “64 perseonel yang kami kirim saat ini masih dalam perjalanan menuju Giligenting,” kata Kasubag Humas Polres , AKP Hasanuddin, Jumat (21/10).

Sementara itu, Kapolsek Giligenting Iptu Suherman mengatakan, selain personel dari Polres, pengamanan juga dilakukan personel Polsek setempat. Jumlah personel di Polsek Giligenting sebanyak 13 orang, pihaknya juga melibatkan personel dari unsur TNI. Itu dilakukan guna mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan. Seperti kericuhan dan yang lain. “Kalau dengan TNI itu sudah pasti,” jelasnya.

Berikut tuntutan yang diajukan ASPEG :

1. Mendesak PLN GILIGENTING untuk mengganti Mesin Penggerak Utama tenaga Listrik yang rusak diganti.
2. Meminta Kepala PLN Cabang untuk bertanggung jawab atas pemadaman yang terjadi di pulau Giligenting. Baik secara moral maupun non moral, serta mengganti segala kerugian yang telah dialami oleh masyarakat Giligenting sebagaimana yang telah ditetapkan oleh undang undang.
3. Mendesak Pihak Pemerintah Kabupaten untuk mewujudkan Kabel Bawah Laut di Giligenting. (fay)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Pengangkut BBM Terbakar di Pelabuhan Gayam Sapudi Sumenep':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO