Tertangkap Basah Nyopet di Bus, Warga Pegirian Dihajar

Tertangkap Basah Nyopet di Bus, Warga Pegirian Dihajar

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Satibi Darwis (39), warga Pegirian, Semampir, Surabaya, nekat menggasak tas penumpang bus kota. Hasilnya, dia tertangkap warga sesaat setelah melakukan aksinya. Kini dia harus mendekam di sel tahanan Mapolsek Taman.

Darwis mencoba peruntungannya Kamis (13/10) lalu. Dari rumah dia pergi ke kawasan Wonokromo, Surabaya. Darwis lantas menumpang bus kota jurusan Mojokerto pukul 14.00. Niat awalnya adalah pergi ke rumah kenalannya. “Mau jual handphone. Sebelumnya sudah janjian ketemu di rumahnya,” katanya, Minggu (16/10).

Darwis duduk di kursi belakang. Nah, saat melintas di Jalan Raya Gilang, Taman, bus yang ditumpanginya berhenti karena jalan yang macet. Beberapa saat kemudian, Darwis berdiri dan langsung menuju pintu belakang bus. Dia bersikap seolah-olah ingin turun.

Sebelum benar-benar turun, Darwis ternyata menggasak tas milik penumpang yang duduk di dekat pintu. Namanya Dwi Setyo Rahayu. Waktu itu, perempuan 43 tahun itu memang sedang terlelap. Sementara, tas punggung berwarna merah miliknya diletakkan di kursi kosong sebelahnya. “Tangan kanan korban mendekap tas,” ujar Darwis.

Dwi lantas terbangun saat tasnya diambil Darwis. Warga Desa Gamping, Krian, itu spontan berteriak maling sembari menunjuk pelaku yang sudah mengambil langkah seribu.

Massa di sekitar lokasi berupaya melakukan pengejaran. Darwis yang kebingungan masuk ke dalam sebuah gang. Nahas, jalan yang dipilihnya salah. Jalur tersebut ternyata buntu. Bapak tiga anak itu pun diringkus warga dan menjadi samsak hidup. Untungnya, polisi yang melakukan patroli tanggap dengan peristiwa itu. Darwis kemudian diamankan ke mapolsek.

“Butuh uang untuk pegangan. Sudah enam bulan tidak bekerja,” tutur mantan kernet truk tersebut.

Kapolsek Taman Kompol Sudjut menyatakan, dari hasil pemeriksaan diketahui pelaku adalah muka baru. Dia belum pernah melakukan tindak kejahatan. Modus yang digunakannya adalah spontanitas melihat kondisi sekitar. Dia mengimbau penumpang angkutan umum untuk lebih menjaga barang bawaan. “Harus selalu waspada. Minimal memperhatikan barang bawaan dan siapa yang duduk di sebelahnya,” ungkapnya. (cat/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO