Minggu, 21 April 2019 02:17

GMNI Jatim Gelar Fokorancab di Tuban

Minggu, 02 Oktober 2016 16:21 WIB
GMNI Jatim Gelar Fokorancab di Tuban
Suasana Fokorancab GMNI Jatim di Gedung BLKI Tuban. foto: SUWANDI/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Koordinator Daerah (Korda) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Jawa Timur menggelar Forum Koordinasi Antar Cabang (Fokorancab) yang dilaksanakan di Gedung BLKI Kabupaten Tuban pada 30 September - 2 Oktober 2016.

Kegiatan yang merupakan forum tertinggi tingkat Provinsi Jawa Timur tersebut dimulai dengan adanya bakti sosial, yakni melakukan penanaman pohon mangrove di Mangrove Center Kabupaten Tuban.

Ketua Korda GMNI Jatim, Muhammad Ali Shodikin mengungkapkan, kegiatan tersebut diikuti oleh 23 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) se-Jawa Timur. Ia berharap Fokorancab ini bisa membawa dampak positif di Kabupaten Tuban, baik dari segi lingkungan, sosial, politik maupun Kebudayaan.

"Adapun dalam kegiatan ini kami mengambil tema Meneguhkan Kembali Ideologi Kader, Mengawal NKRI menuju Sosialisme Indonesia," kata Bung Alsho, sapan akrab Ali Shodikin.

Dalam paparannya, Alsho menjelaskan bahwa jalan perubahan bagi bangsa Indonesia adalah jalan ideologis yang bersumber pada Proklamasi, Pancasila 1 Juni 1945 dan Pembukaan UUD 1945.

"Ideologis tersebut merupakan jati diri sebagai identitas bangsa Indonesia yang merdeka dan berdaulat. Pembukaan UUD 1945 dengan jelas mengamanatkan arah tujuan nasional dari pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yaitu untuk melindungi segenap bangsa serta seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdasakan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial," jlentreh Bung Alsho.

Lanjut Alsho, sudah saatnya Mahasiswa dididik dan memiliki sebuah Ideologi. "Menempatkan diri sebagai agen sekaligus pemimpin perubahan. Mahasiswa harus meletakkan cita-cita dan masa depan bangsa pada cita-cita perjuangannya. Mahasiswa atau Gerakan yang relatif bersih dari berbagai kepentingan harus menjadi aset yang potensial dan mahal untuk kejayaan di masa depan. Saatnya Mahasiswa ini bisa memimpin perubahan dengan dijiwai amanat doktrin TRISAKTI. Dari situ, maka kepribadian dalam kebudayaan harus mampu diwujudkan melalui pembangunan karakter dan kegotong-royongan," cetusnya.

"Ini sebagai kekuatan potensi bangsa dalam mewujudkan implementasi demokrasi politik dan demokrasi ekonomi Indonesia masa depan," imbuhnya.

Dalam kegiatan kali ini, Ketua Korda GMNI Jawa Timur juga menjelaskan bahwa posisi GMNI harus berperan aktif dalam meneguhkan kembali suatu ideologi yang hampir dilupakan oleh masyarakat dan harus mewujudkan sosialisme Indonesia.

"Sebatas informasi, bahwa dalam pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan suatu rekomendasi baik dalam bidang politik, sosial maupun yang lainnya. Sehingga GMNI Jatim bisa ikut serta dalam mengawal kemajuan Bangsa Indonesia. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memilih para pengurus Korda Jatim untuk periode 2016 – 2018," bebernya. (wan/rev)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Yogi Indra Pratama
Jumat, 19 April 2019 21:53 WIB
Oleh: Yogi Indra Pratama, ST.,MT.*Istilah golput atau golongan putih pertama kali muncul pada tahun 1971. Pada masa itu, golput merupakan suatu bentuk gerakan protes yang dikumandangkan oleh pemuda dan mahasiswa dengan datang ke TPS untuk mencob...
Jumat, 19 April 2019 22:40 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesung...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...