Gencarkan Gerakan Program Gemar Makan Ikan, DKPP Gresik Gelar Lomba Cipta Kreasi Resep Pangan Lokal

Gencarkan Gerakan Program Gemar Makan Ikan, DKPP Gresik Gelar Lomba Cipta Kreasi Resep Pangan Lokal Kepala DKPP Pemkab Gresik, Langu Pindingara saat adakan lomba masak serba ikan di WEP. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemkab Gresik terus mengingatkan kepada masyarakat terhadap kebutuhan bahan pokok berupa beras yang terus mengalami peningkatan. Kondisi ini sejalan dengan pertambahan penduduk di Kabupaten Gresik yang terus naik.

Karena itu, Pemkab Gresik saat ini tengah memaksimalkan pemanfaatan pengembangan sumber pangan alternatif selain beras. Program itu untuk mengurangi ketergantungan masyarakat kepada beras sebagai bahan pangan utama.

"Ketersediaan pangan perlu diperhatikan dalam memenuhi standar gizi," kata Sekretaris Daerah Gresik, Djoko Sulistio Hadi saat membuka lomba masak serba ikan, lomba cipta kreasi resep pangan lokal, lomba cipta menu beragam bergizi seimbang dan aman (B2SA) dalam rangka hari pangan sedunia ke-36 dan gerakan memasyarakatkan makan ikan di WEP (Wahana Ekpresi poesponegoro), Selasa (27/9).

Ia sangat mengapresiasi kegiatan yang bermanfaat yang diadakan DKPP (Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan).

"Saya juga sangat mengapresiasi ibu dan pelajar yang mampu melakukan kreasi makanan/kudapan berbahan dasar lokal," jelasnya. "Melalui lomba semacam ini diharapkan masyarakat mengetahui potensi lokal yang mudah dan murah didapat," sambungnya.

Dikatakan ia, disadari atau tidak oleh masyarakat saat ini masyarakat telah dijajah dengan aneka ragam makanan siap saji dengan kemasan yang sangat menarik tanpa memperhatikan kandungan gizi. Untuk itu, ia meminta masyarakat harus hati-hati. Khususnya bagi ibu-ibu yang memiliki anak agar mengatisipasi makanan tersebut.

"Dengan kegiatan ini masyarakat bisa membuat sendiri makanan/kudapan, aneka kreasi makanan dengan kandungan protein tinggi seperti ikan laut dan memanfaatkan potensi lokal," pungkasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO