Ribuan Santri Ponpes Tebuireng Takbir Keliling, Gotong Miniatur Asrama hingga Sapi Buatan

Ribuan Santri Ponpes Tebuireng Takbir Keliling, Gotong Miniatur Asrama hingga Sapi Buatan Para santri saat mengikuti takbir keliling, Minggu (11/9) malam. foto: RONY S/ BANGSAONLINE.

JOMBANG, BANGSAONLINE. com - Ribuan santri dan warga memeriahkan perayaan malam Hari Raya Idul Adha dengan takbir keliling di kawasan Pondok Pesantren Jombang, Minggu (11/9). Berbagai penampilan ditunjukkan dalam takbir tahunan tersebut.

Dalam pantauan Bangsaonline, para peserta takbir keliling awalnya berkumpul di halaman gedung baru Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) . Setelah masing-masing kelompok berkumpul, kemudian panitia melepas satu per satu untuk berkeliling sesuai rute yang ditentukan.

Adapun rute perjalanan peserta takbir keliling melewati depan masjid Ulul Albab ke arah selatan. Tepat di perempatan ke arah Rusunawa, para peserta belok ke arah timur menuju depan balai Desa Cukir, Kecamatan Diwek. Sekitar 20 meter di timur balai desa, lalu berbelok ke utara melalui Jl Raya Irian Jaya hingga melewati depan Pondok . Kemudian tepat di pertigaan Jl Raya menuju Desa Kwaron, peserta belok kiri, kemudian kembali ke lokasi pemberangkatan semula.

"Ada 53 group yang ikut takbir keliling sekarang. Terdiri dari santri dan sebagian warga sekitar ," kata Fakhrurrazi, Sekretaris Penyelenggara kegiatan kepada Bangsaonline.

Tidak hanya menggemakan takbir saat berkeliling. Para peserta juga berlomba menampilkan beragam busana dan aksesoris. Tampak sejumlah santri membawa sapi raksasa terbuat dari kertas. Sebagian juga memainkan musik tradisional kentongan bambu.

Salah satu kelompok ada yang memikul miniatur asrama Ponpes terbuat dari gabus dan kertas. Miniatur menara asmaul husna yang aslinya ada di kawasan makam KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) juga digotong di atas pick up oleh kelompok salah satu peserta. Selain itu, Ka'bah yang terbuat dari gabus, serta miniatur masjid terbuat dari botol bekas berhiaskan lampu warna-warni tidak ketinggalan dibawa keliling.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO