Wabup Pacitan Perangi Narkoba, Puluhan Warga Dijebloskan Bui

Wabup Pacitan Perangi Narkoba, Puluhan Warga Dijebloskan Bui Deklarasi anti narkoba di Pendopo Kabupaten Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Kejahatan narkoba, merupakan ancaman sangat serius bagi daya saing kemajuan bangsa. Bahkan, kejahatan terhadap barang haram dan mematikan itu, tidak hanya merambah di kota-kota besar, wilayah perkotaan kecil dan pedesaan sud‎ah mulai menjadi sasaran empuk peredaran narkoba.

Wakil Bupati Pacitan, H. Yudi Sumbogo, menyatakan keprihatinannya atas persoalan tersebut. Apalagi, dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ini, peredaran narkoba sudah mulai merambah di Pacitan.

"Ini persoalan serius yang harus kita perangi dan berangus bersama. Bukan hanya aparat penegak hukum, namun semua elemen masyarakat, khususnya tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda, bisa bersinergi memerangi narkoba," kata Yudi Sumbogo di sela-sela kegiatan deklarasi bersama anti narkoba di Pendopo Pemkab Pacitan, Rabu (3/8).

Wabup menyatakan, selama tiga tahun terakhir ini, kejahatan narkoba diakuinya sudah menyasar generasi muda di Pacitan. Setidaknya sudah terjaring puluhan tersangka, yang positif sebagai pengguna barang haram tersebut. Pada tahun 2012 tercatat ada 11 tersangka yang tengah ditangani pihak kepolisian.

“Kemudian setahun berikutnya, bertambah menjadi 19 tersangka. Yang paling memprihatinkan tahun ini. Pada akhir Mei lalu, sudah ada 16 tersangka yang saat ini menjalani proses hukum," tutur Wabup berbasiskan Partai Demokrat ini.

Berangkat dari persoalan tersebut, mantan anggota DPRD Pacitan, masa bakti 2014-2019‎ itu menyatakan, kejahatan narkoba merupakan persoalan serius dan mendesak. "Kami berharap agar aparat penegak hukum secara masif terus menggelar razia, serta melaksanakan pembinaan dan pengawasan. Dan sekali lagi, mari kita menyatakan 'perang' terhadap narkoba," tukas Wabup.

Sementara itu, deklarasi anti narkoba tersebut, dihadiri sebanyak 11 elemen masyarakat, forkopinda, serta perwakilan satuan kerja perangkat daerah terkait. Selain menggelar deklarasi, mereka juga menanda tangani pernyataan sikap memerangi narkoba. (pct1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO