Bukber di Gereja Bareng Jombang, Sinta Nuriyah: Keragaman Membuat Kita Kaya

Bukber di Gereja Bareng Jombang, Sinta Nuriyah: Keragaman Membuat Kita Kaya Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid saat menyampaikan ceramah kebangsaan di depan masyarakat lintas agama, Rabu (29/6) petang. foto: romza/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Ibu Negara RI ke-4 Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid menggelar acara silaturahmi kebangsaan dan buka bersama ratusan warga Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Rabu, 29/6 petang.

Acara yang diselenggarakan di halaman balai Dusun Wungurejo, Desa Ngampungan, Kecamatan Bareng depan GKJW setempat ini berlangsung dalam suasana keberagaman yang akrab.

Selain dihadiri warga sekitar, acara tersebut juga diikuti oleh semua perwakilan agama dan aliran kepercayaan. "Saya sangat gembira Jombang bisa mempelopori harmoni antaragama. Semua hidup saling menghormati," kata Sinta Nuriyah.

Menurutnya, kondisi Indonesia saat ini masih memprihatinkan. Konflik bernuansa agama dan identitas kerap mewarnai media massa. Perbedaan keyakinan tidak bisa lagi digunakan sebagai alasan saling melukai. Keragaman, menurut Shinta, justru menjadi basis kita memperjuangkan keadilan bagi yang tertindas. "Keragaman membuat kita kaya," tuturnya.

Suasana buka bersama kali ini memang terlihat guyub. Komunitas Islam dan Kristen setempat bahu-membahu mempersiapkan berbagai kebutuhan acara, termasuk melayani buka puasa. Shalawat badar dari muslimat setempat menyambut kedatangan rombongan istri Presiden Keempat RI.

Sebelumnya, berbagai kidung perdamaian dan lagu-lagu kebangsaan dimainkan oleh grup band pemuda GKJW. "Kerukunan di wilayah sini sudah begitu terawat indah," ujarnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO