Rabu, 22 Januari 2020 04:17

Senin Besok Kita Puasa, Menag: Seluruh Peserta Sidang Isbat Sepakat, 93 Titik Lihat Hilal

Minggu, 05 Juni 2016 19:21 WIB
Wartawan: -
Senin Besok Kita Puasa, Menag: Seluruh Peserta Sidang Isbat Sepakat, 93 Titik Lihat Hilal
Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin memimpin sidang Isbat. foto: detik.com

JAKARTA, BANGSAONLINE.com – Umat Islam berpuasa Ramadan mulai besok Senin, 6 Juni 2016. Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin mengumumkan hasil sidang isbat menentukan awal puasa. Hasilnya, 1 Ramadan 1437 H disepakati jatuh pada Senin, 6 Juni 2016.

"Dari hisab dan laporan petugas melihat hilal, seluruh peserta sidang isbat menyepakati pada malam hari ini kita sudah masuk Ramadan. Secara mufakat disepakati tahun 1437 Hijriah akan dimulai besok hari Senin 6 Juni 2016," kata Menag Lukman dalam jumpa pers di Kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (5/6).

Keputusan ini diambil setelah ahli dari Planetarium Jakarta memaparkan posisi hilal. Menurut Lukman, ada laporan dari 93 petugas dari 93 titik di Tanah Air.

Sidang isbat digelar secara tertutup dan dihadiri sejumlah tokoh. Di antaranya Kepala LAPAN Thomas Djamaludin, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Pusat KH Ma'ruf Amin, Anggota Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Ma'rifat Iman, dan sejumlah duta besar dari negara sahabat.

Ketua tim pemantau Hilal/Hisab Kementerian Agama, sekaligus utusan Obsevarium Planetarium, Cecep Nurwendaya, memberikan paparan hasil pantauan hilal sore ini. Dalam penjelasannya, wilayah Indonesia telah memasuki ijtima atau bulan baru.

"Data posisi hilal hari ini sesuai dengan faedah, hari ini adalah hari rukyat dan hisab, konjungsi, bulan sejajar matahari sudah terjadi tadi pagi jam 10," ujar Cecep di Ruang Serbaguna Kementerian Agama, Minggu, 5 Juni 2016.

Menurutnya, berdasarkan metode hisab, malam tadi bulan sudah tak terlihat.

"Semalam tidak ada bulan. Seluruh wilayah Indonesia sudah mengalami ijtima. Sudah masuk hilal dengan posisi 4,12 derajat. Dengan cara metode hisab, awal Ramadan akan jatuh esok hari, Senin 6 Juni 2016," ungkapnya.

Selain itu, menurutnya ketinggian hilal yang terlihat sudah diatas batas standar. "Minimal ketinggian hilal 2 derajat, saat ini, tepatnya tadi pagi sudah 4,12 derajat," ujarnya.

Meski begitu, keputusan penetapan jatuhnya awal Ramadan tak bisa langsung diputuskan. Hal ini mesti melalui prosedur sidang Isbat, yang akan dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin setelah Magrib nanti.

Umat Islam bisa melakukan puasa Ramadan secara serentak. Lukman berharap kebersamaan bisa dibangun sehingga persoalan bisa disikapi secara bersama-sama.

Lembaga Falaqiyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur menyatakan hilal terlihat di Bangkalan, Gresik, dan Jombang, sehingga 1 Ramadhan 1437 Hijriah jatuh pada 6 Juni 2016.

"Lembaga Falakiyah PCNU Gresik berhasil melihat hilal pada pukul 17.21.29 WIB sampai 17.22.25 WIB dengan tinggi hilal 3 derajat," kata Ketua Lembaga Falakiyah PWNU Jawa Timur Shofiyulloh di Surabaya, Ahad malam (5/6).

Saat ini pemerintah namun masih menggelar sidang isbat. Sidang penentuan awal Ramadhan dilakukan tertutup.

Sumber: detik.com/viva.com/republika.com
Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 20 Januari 2020 10:16 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Lembah Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu tidak hanya menyimpan potensi wisata pemandian air panasnya yang sangat terkenal itu.Satu aset wisata terpendam Kota Batu yang belum tergali adal...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Senin, 20 Januari 2020 14:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*79. Wamina allayli fatahajjad bihi naafilatan laka ‘asaa an yab’atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaanDan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan...
Selasa, 21 Januari 2020 13:25 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...