Senin, 10 Mei 2021 03:27

Senin Besok Kita Puasa, Menag: Seluruh Peserta Sidang Isbat Sepakat, 93 Titik Lihat Hilal

Minggu, 05 Juni 2016 19:21 WIB
Wartawan: -
Senin Besok Kita Puasa, Menag: Seluruh Peserta Sidang Isbat Sepakat, 93 Titik Lihat Hilal
Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin memimpin sidang Isbat. foto: detik.com

JAKARTA, BANGSAONLINE.com – Umat Islam berpuasa Ramadan mulai besok Senin, 6 Juni 2016. Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin mengumumkan hasil sidang isbat menentukan awal puasa. Hasilnya, 1 Ramadan 1437 H disepakati jatuh pada Senin, 6 Juni 2016.

"Dari hisab dan laporan petugas melihat hilal, seluruh peserta sidang isbat menyepakati pada malam hari ini kita sudah masuk Ramadan. Secara mufakat disepakati tahun 1437 Hijriah akan dimulai besok hari Senin 6 Juni 2016," kata Menag Lukman dalam jumpa pers di Kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (5/6).

Keputusan ini diambil setelah ahli dari Planetarium Jakarta memaparkan posisi hilal. Menurut Lukman, ada laporan dari 93 petugas dari 93 titik di Tanah Air.

Sidang isbat digelar secara tertutup dan dihadiri sejumlah tokoh. Di antaranya Kepala LAPAN Thomas Djamaludin, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Pusat KH Ma'ruf Amin, Anggota Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Ma'rifat Iman, dan sejumlah duta besar dari negara sahabat.

BACA JUGA : 

Pemkab, BMKT, dan Kemenag Tuban Terus Tingkatkan Sinergisitas

​Gus Ipul dan Mas Adi Bawa Visi Misi Pasuruan Kota Madinah ke Hadapan 4 Menteri Strategis

​Baznas Tuban Siap Diaudit Kepatutan Syariat Kemenag Pusat

​Kejari Pasuruan: Tak Ada Ampun bagi Pencoleng BOP Kemenag RI

Ketua tim pemantau Hilal/Hisab Kementerian Agama, sekaligus utusan Obsevarium Planetarium, Cecep Nurwendaya, memberikan paparan hasil pantauan hilal sore ini. Dalam penjelasannya, wilayah Indonesia telah memasuki ijtima atau bulan baru.

"Data posisi hilal hari ini sesuai dengan faedah, hari ini adalah hari rukyat dan hisab, konjungsi, bulan sejajar matahari sudah terjadi tadi pagi jam 10," ujar Cecep di Ruang Serbaguna Kementerian Agama, Minggu, 5 Juni 2016.

Menurutnya, berdasarkan metode hisab, malam tadi bulan sudah tak terlihat.

"Semalam tidak ada bulan. Seluruh wilayah Indonesia sudah mengalami ijtima. Sudah masuk hilal dengan posisi 4,12 derajat. Dengan cara metode hisab, awal Ramadan akan jatuh esok hari, Senin 6 Juni 2016," ungkapnya.

Selain itu, menurutnya ketinggian hilal yang terlihat sudah diatas batas standar. "Minimal ketinggian hilal 2 derajat, saat ini, tepatnya tadi pagi sudah 4,12 derajat," ujarnya.

Meski begitu, keputusan penetapan jatuhnya awal Ramadan tak bisa langsung diputuskan. Hal ini mesti melalui prosedur sidang Isbat, yang akan dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin setelah Magrib nanti.

Umat Islam bisa melakukan puasa Ramadan secara serentak. Lukman berharap kebersamaan bisa dibangun sehingga persoalan bisa disikapi secara bersama-sama.

Lembaga Falaqiyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur menyatakan hilal terlihat di Bangkalan, Gresik, dan Jombang, sehingga 1 Ramadhan 1437 Hijriah jatuh pada 6 Juni 2016.

"Lembaga Falakiyah PCNU Gresik berhasil melihat hilal pada pukul 17.21.29 WIB sampai 17.22.25 WIB dengan tinggi hilal 3 derajat," kata Ketua Lembaga Falakiyah PWNU Jawa Timur Shofiyulloh di Surabaya, Ahad malam (5/6).

Saat ini pemerintah namun masih menggelar sidang isbat. Sidang penentuan awal Ramadhan dilakukan tertutup.

Sumber: detik.com/viva.com/republika.com
Penjaga Rumah Ibadah Bertanya Berapa Rupiah Jatah Tuhan
Senin, 10 Mei 2021 00:00 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur edisi Ramadan edisi 28 ini mereview cerita Gus Dur tertang para penjaga rumah ibadah. “Mereka berembuk soal sumbangan umat kepada rumah ibadah yang mengalami surplus. Lalu mereka bertanya, berapa ja...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Minggu, 09 Mei 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tulisan Dahlan Iskan kali ini sangat menyentuh. Tentang prahara rumah tangga pemilik Gedung Empire Palace Surabaya: Gunawan Angkawidjaja dan istrinya, Chin Chin atau Trisulowati.Menurut Dahlan Iskan, Gunawan bukan ha...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...