3850 Jaringan Gas Mangkrak, Dewan akan Panggil Pertagas

3850 Jaringan Gas Mangkrak, Dewan akan Panggil Pertagas Hearing antara Komisi B DPRD Sidoarjo dengan Lapindo Brantas Inc, Dinas Koperasi Perdagangan UKM dan ESDM yang dilaksanakan di ruang paripurna DPRD Sidoarjo. foto: nanang ichwan/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Setidaknya ada 3850 jaringan gas (Jargas) yang mangkrak di kawasan Sidoarjo. Hal ini terungkap dalam hearing yang dilakukan antara Komisi B DPRD Sidoarjo dengan Lapindo Brantas Inc, Dinas Koperasi Perdagangan UKM, dan ESDM yang dilaksanakan di ruang paripurna DPRD Sidoarjo, Jumat (13/05).

Mangkraknya jargas itu, baik dari Lapindo maupun Diskoperindag UKM & ESDM tidak bisa memberi jawaban. Alasannya, itu bukan pihak yang berwenang untuk memberikan jawaban. Kewenangan itu ada di pihak Pertamina Gas (Pertagas) Niaga.

Oleh karena itu, pihak DPRD Sidoarjo akan segera memanggil Pertamina Gas Niaga terkait jaringan gas (jargas) sambungan rakyat (SR) yang sampai sekarang belum dioperasikan.

Ketua Komisi B DPRD Sidoarjo M. Kayan mengatakan, saat ini jargas itu sudah dinantikan oleh masyarakat. Oleh karena itu, ujar pria asal Prambon, pihaknya akan segera hearing dengan Pertagas Niaga, terkait belum difungsikannya jaringan gas. "Jargas itu tinggal gas in saja, kenapa tidak segera difungsikan. Secepatnya kami panggil," ujarnya.

Dalam hearing itu, Komisi B juga menanyakan kesiapan Lapindo Brantas Inc untuk menyuplai kebutuhan jargas Program City Gas. Dari Lapindo mengaku sejak awal Program City Gas pihaknya sudah siap menyuplai gas.

Bukan hanya Kayan, Khoirul Huda juga berkomentar terkait belum difungsikannya jargas itu. Koirul mengungkapkan, jargas yang dibangun pemerintah pusat di Sidoarjo merupakan Program City Gas.

Saat ini, untuk City Gas sudah gas in di wilayah Waru. "Kok malah jargas yang di sekitar lokasi ekpslorasi migas belum gas in," tanya Khoirul Huda, anggota Komisi B DPRD Sidoarjo. Ia menambahkan, sudah seharusnya warga di sekitar lokasi ekspolrasi migas mendapat gas murah.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO