Rabu, 27 Januari 2021 13:21

Pemkab Sidoarjo Usulkan Tambahan 30 Ribu Jargas Untuk Tanggulangin dan Candi

Selasa, 05 Maret 2019 18:19 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Pemkab Sidoarjo Usulkan Tambahan 30 Ribu Jargas Untuk Tanggulangin dan Candi

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemkab Sidoarjo berupaya menambah pasokan jaringan gas (jargas). Setelah mendapatkan tambahan 7.093 sambungan rumah (SR), tahun ini pemkab kembali mengusulkan penambahan. Totalnya hingga 30 ribu SR.

Kabag Perekonomian Chusnul Inayah menjelaskan semula pemkab mengusulkan tambahan 10 ribu SR jargas. Dibangun pemerintah pusat tahun ini. Pengajuan itu sudah mendapatkan persetujuan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Namun, setelah peresmian jargas di Perumahan Tanggulangin Anggun Sejahtera (TAS) II Jumat kemarin (1/3), pemkab merevisi pengajuan. "Targetnya pada 2019-2020 Sidoarjo mendapatkan 30 ribu SR," cetus Chusnul Inayah.

Pemkab sudah menentukan lokasi pemasangan jargas. Yakni di dua Kecamatan. Tanggulangin dan Candi. Dua wilayah itu dipilih karena berdekatan dengan pipa gas. "Eksplorasi gas dilakukan Lapindo Brantas Ltd," ujarnya.

Potensi gas di kota delta sangat besar. Produksinya mencapai 0,4 mmscfd. Gas itu dialirkan ke dua kecamatan. Yakni Tanggulangin dan Waru. Total hingga tahun ini aliran jargas di kota delta mencapai 17.543.

Inayah menambahkan, untuk sementara pengaliran gas diprioritaskan untuk Kecamatan yang dekat sumber gas. Namun, ke depan tidak menutup kemungkinan, jargas menyentuh seluruh kecamatan. "Asal biaya pemasangan jaringan tersedia, bisa dipasang ke seluruh kecamatan," paparnya.

Kepala Bidang Perbendaharaan dan Akuntansi Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) itu menuturkan, jargas memiliki keunggulan dibandingkan LPG. Gas lebih aman. Selain itu, lebih hemat. "Potensi gas di Sidoarjo besar. Harus digunakan untuk kesejahteraan warga," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengatakan, pihaknya akan mengajukan penambahan jargas. Totalnya mencapai 30 ribu SR. Menurut dia, pengajuan itu sudah mendapatkan lampu hijau dari Kementerian ESDM. "Segera kami ajukan," tuturnya. (cat/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...