Pantai Sidem Tulungagung Dipenuhi Sampah, Pengunjung Kecewa

Pantai Sidem Tulungagung Dipenuhi Sampah, Pengunjung Kecewa Sampah yang memenuhi bibir pantai Sidem. foto: feri/ BANGSAONLINE

TULUNGAGUNG, BANGSAONLINE.com - Sampah menghiasi pesisir laut selatan tepatnya di bibir Pantai Sidem desa Besole kecamatan Besuki. Aneka jenis limbah tersebut tercecer merata sepanjang 1 km lebih di permukaan pantai dari wilayah pesisir Tangkilan bagian barat hingga pesisir Sekebo bagian timur.

Menurut keterangan salah satu warga sekitar, Bakat (45), beberapa jenis sampah tersebut yaitu bogol bambu, plastik, kain, dan sampah lainnya. Sampah-sampah tersebut menumpuk sejak beberapa waktu lalu.

"Mulanya hanya sedikit, tapi semakin hari terus bertambah banyak yang terseret oleh gelombang ombak laut," kata warga Kalidawir ini, kemarin.

Menurutnya, Pantai Sidem saat ini nampak seperti tempat pembuangan sampah. "Asal mula sampah tersebut bukan dari laut, sebagian besar kiriman dari daratan yang hanyut terbawa arus sungai Niyama saat hujan deras," jelasnya

Ia juga mengatakan bahwa pembersihan sudah dilakukan oleh masyarakat sekitar. Yakni dengan cara mengumpulkan sampah tersebut secara manual kemudian dibakar, ditanam, maupun diangkut menggunakan kendaraan sampah. "Namun tetap saja tidak teratasi," ujarnya.

"Jika mengunakan tenaga manusia seperti ini kemungkinan 15 hari tidak akan selesai, kecuali dengan mengunakan bantuan alat," keluhnya.

Ditambahkan Bakat, akibat menumpuknya sampah ini, pengunjung pantai Sidem terus menurun,

"Tamu pengunjung setiap hari ada meskipun tidak banyak. Akan tetapi tidak lama kemudian setelah mereka kembali pulang, maklum kondisinya (banyak sampah-red) seperti ini," pungkas pria yang berdagang makanan di sekitar pantai sejak tahun 1996 ini. (fer/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pria di Tulungagung Pepet Perempuan Pengendara Motor Sambil Masturbasi ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO