197 Boks Naskah Soal UN Tiba di Tuban, Dijaga Ketat 24 Jam

197 Boks Naskah Soal UN Tiba di Tuban, Dijaga Ketat 24 Jam Naskah UN saat tiba di Mapolres Tuban. foto: suwandi/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 197 boks naskah soal Ujian Nasional (UN) tahun pelajaran 2015/2016 tiba di Tuban siang tadi (28/3). Kini naskah soal UN tersebut sudah diamankan di aula Mapolres Tuban.

Sesuai rencana, naskah soal UN ini mulai didistribusikan ke seluruh kecamatan baik melalui UPTD Pendidikan maupun sub rayon pada Kamis (31/3) besok.

Sedangkan besok (29/3), naskah tersebut mulai dipilah sesuai jumlah peserta ujian masing-masing sekolah atau sub rayon. Setelah dilakukan pemilahan, naskah tersebut akan dititipkan sementara di Polsek setempat sebelum diserahkan ke sekolah pelaksana.

Kabid SMP, SMA, MA dan SMK Dinas Pendidikan, Pemudah dan Olahraga (Dikpora), Nur Khamdi kepada BANGSAONLINE.com, Senin (28/3) mengatakan, dari proses pengiriman hingga pendistribusian, naskah soal UN dijaga secara ketat guna mengatisipasi kebocoran.

“Pelaksanaan ujian pada 4, 5 dan 6 April untuk SMA atau MA dan tanggal 4, 5, 6, 7 April untuk SMK,” terang Khamdi.

Pria yang juga Wakil Ketua Maarif NU Tuban ini memaparkan, dari 197 boks yang ada, rinciannya 123 boks naskah soal SMA dan MA, 40 boks soal Paket C MA dan SMA, 18 Boks naskah soal SMK dan 1 boks naskah soal SMA LB. Sedangkan, naskah soal cadangan susulan sebanyak 5 boks.

Selain itu, terdapat pula naskah teori kejuruan 2 boks, naskah soal susulan teori kejuruan 1 boks dan lembar jawaban teori kejuruan 3 boks.

“Dan untuk soal bahasa inggris terdapat audio CD listening sebanyak 5 boks,” terangnya.

Terpisah, Kabag Ops Polres Tuban, Kompol Hendry menegaskan, naskah soal akan dijaga selama 24 jam secara bergatian. Penjagaan ini dilakukan baik selama didistribusikan maupun saat di masing-masing polsek. Ini dilakukan demi mencegah kebocoran soal UN yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

“Kami menjamin tahun ini naskah soal UN akan aman dan tidak bocor,” tandasnya. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO