87 Calon Pengantin 'Lintas Agama' Ikuti Nikah Massal

87 Calon Pengantin ?Suasana nikah massal yang diselenggarakan Dispendukcapil agar masyarakat tertib administrasi di Gedung Bagawanta Bhari, Rabu (7/5).foto:arif kurniawan/BANGSAONLINE

KEDIRI (bangsaonline) - Sedikitnya 87 pasang calon pengantin mengikuti yang diselenggarakan Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kediri, Rabu (7/5).

Dalam pernikahan massal kali ini bukan saja diikuti 1 agama saja, melainkan lintas agama. Baik Muslim maupun non muslim. Dengan pengantin tertua berusia 65 tahun dan termuda usia 17 tahun.

Kepala Kemenag Kabupaten Kediri Suryat mengatakan, kali ini dikuti calon pengantin dari berbagai lintas agama. “Dalam kali tidak hanya muslim saja, tapi juga berasal dari agama lain,” ujarnya.

Dalam kali ini dibuka Ketua Penggerak PKK Rosyidah Masykuri. Dalam sambutannya, ia mengatakan masih banyak masyarakat yang hidup menjadi suami istri, tapi belum disahkan. Hal ini bertentangan dengan undang-undang. "Untuk itu, kami mendorog masyarakat agar tertib administrasi, terutama mengesahkan perkawinan melalui pemberian akta nikah," ujarnya.

Sementara Kepala Dispendukcapil Purwanto mengatakan, nikah missal merupakan agenda rutin saat memperingati Hari Jadi Kabupaten Kediri. “Sebenarnya agenda ini kita laksanakan bulan Februari lalu. Namun karena ada musibah Kelud, ditunda sampai hari ini,” jelasnya.

Nikah missal sengaja digelar, kata Purwanto agar masyarakat yang sebelumnya sudah menikah sah secaraagama. Namun, belum dicatat di Dispendukcapil maupun KUA, bisa dicatat secara gratis. “Ada beberapa factor mereka tidak menikah secara sah menurut undang-undang. Salah satunya, calon pengantin yang kurang mampu,” ujarnya.

Sementara Mujito (63), salah satu mempelai pria asal Dusun Sumberejo Desa Jambu kecamatan kayen kidul mengaku bahagia bisa nikah resmi. Sebab meski sudah menikah dibawah tangan sejak tahun 70an lalu, ia merasa pernikahannya belum sah sesuai undang-undang yang berlaku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO