Rabu, 28 Oktober 2020 06:20

Saksikan Gerhana Parsial, Pengunjung Planetarium Jakarta Membludak

Rabu, 09 Maret 2016 21:42 WIB
Wartawan: Rakisa
Saksikan Gerhana Parsial, Pengunjung Planetarium Jakarta Membludak
Penampakan gerhana parsial di langit Jakarta, berdasarkan pengamatan tim Planetarim dan Observasi DKI Jakarta.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Ribuan warga DKI Jakarta dan sekitarnya sejak Rabu (9/3) pagi tampak memadati gedung dan area parkir Planetarium, Cikini, Jakarta Pusat. Mereka tampak antusias menyaksikan langsung fenomena gerhana matahari parsial sejak pukul 06.00 WIB.

Sri Rahayu (32) salah satu pengunjung mengaku datang lebih awal ke Planetarium untuk menyaksikan fenomena alam langka tersebut.

“Sebelum jam 7 pagi saya sudah ke sini, anak saya soalnya yang ngajak berangkat pagi-pagi. Ini kan kejadian langka, jadi sangat sayang dilewatkan,” ujar warga Citayam, Depok.

Beberapa cara dilakukan pengunjung untuk menyaksikan gerhana di Planetarium. Ada yang menggunakan teleskop yang sudah disediakan, memakai kacamata khusus yang dibagikan secara gratis ada juga melalui layar proyektor, hingga menggunakan negatif film foto rontgen. Kepala UPT Planetarium dan Observasi Dinas Pendidikan DKI Jakarta Eko Wahyu Wibisono menyambut baik antusiasme masyarakat. Sebab, momen ini bisa dimanfaatkan untuk lebih mengenalkan Planetarium sebagai tempat pengamatan dan pendidikan mengenai benda-benda angkasa atau tata surya.

“Antusias masyarakat luar biasa. Ini momen yang baik karena ke depan jika ada kejadian serupa akan dilakukan pengamatan di Planetarium,” katanya.

Dalam pengamatan GMT itu, pihaknya menyiapkan delapan teleskop, satu di antaranya terhubung dengan proyektor di dalam Planetarium.

Selain itu, sebanyak 4.700 kacamata untuk mengamati GMT yang disediakan secara gratis ludes sejak pukul 07.00 WIB. "Pengunjung Planetorium mencapai 10 ribu lebih, parkir gak muat bisa liat sendiri, bahkan macet sejak pagi," katanya.

Pengamatan GMT di Planetarium yang dilakukan sejak pukul 07.29 WIB berlangsung lancar meski cuaca agak mendung. Saat puncak Gerhana Parsial, suasana Kota Jakarta juga tampak redup sehingga lebih mirip ketika matahari terbenam.

Selain pengamatan GMT, di Planetarium Taman Ismail Marzuki, Jakarta juga dilaksanakan salat gerhana yang digelar hampir seluruh masjid dan musala Kota Jakarta, seperti di Masjid Istiqlal Jakarta yang dipimpin Imam Masjid Besar Istiqlal. 

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 25 Oktober 2020 12:28 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Wisata edukasi berbasis potensi desa di Jawa Timur kembali bertambah. Kali ini, bertempat di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Are...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Selasa, 27 Oktober 2020 09:45 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...