Gerhana Bulan Total, Kemenag Jember Imbau Masyarakat Lakukan Sholat Khusuf

Gerhana Bulan Total, Kemenag Jember Imbau Masyarakat Lakukan Sholat Khusuf Kasi Bimas Islam Kemenag Jember, Didik Kurniawan.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Kasi Bimas Islam Kemenag , Didik Kurniawan, mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan saat terjadinya bulan atau khusuful qomar. Peristiwa itu diprediksi akan tampak dari wilayah Jawa Timur pada hari ini, Selasa (8/11/2022).

"Saya kira untuk tata cara sudah banyak diketahui oleh masyarakat, di masjid- masjid juga sudah ada pemberitahuan-pemberitahuan agar masyarakat hadir untuk ," ujarnya saat ditemui BANGSAONLINE.com di Kantor Kemenag .

Ia menambahkan, sholat sunnah tersebut merupakan sebuah tuntunan yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW dalam menyikapi terjadinya bulan maupun matahari.

"Sebagai bukti bahwa Allah itu Maha Besar, Allah bisa memerintahkan seluruh tatanan planet, bintang, dan sebagainya," tuturnya.

Didik juga menyampaikan prediksi kapan tepatnya terjadi bulan yang bisa dilihat di belahan bumi Indonesia bagian barat, khususnya di .

"Nanti () totalnya perkiraan pukul 19.00 (WIB), perkiraan mulai pergerakannya dari pukul 17.15 sampai 17.30 lah. Nah nanti pas terjadi, langsung: assholaatu jaami'ah, panggilan untuk sholat (khusuf)," paparnya.

Selain itu, pihaknya tidak secara mandiri melakukan pengamatan atau observasi langsung pada kejadian bulan kali ini.

"Tim kita saat ini bergabung dengan tim yang lain, tapi kalau di , setahu saya tim dari UIN KHAS melakukan observasi langsung, dari tim hisab falaqiyahnya," pungkasnya. (yud/bil/mar) 17.35

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO