Hari Ini, 17 Kepala Daerah di Jatim Dilantik Serentak, Bupati Tuban dan Pacitan Mundur

Hari Ini, 17 Kepala Daerah di Jatim Dilantik Serentak, Bupati Tuban dan Pacitan Mundur Emil Dardak, Bupati Trenggalek terpilih 2016-2021, dan istrinya, Arumi Bachsin menghadiri gladi bersih pelantikan dan serah terima jabatan Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota, di Gedung Grahadi Surabaya, Selasa (16/2/2016). Dia akan dilantik bersama 16 kepala daerah terpilih lainya hari ini. foto: surya

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dipastikan hadir dalam pelantikan 17 kepala daerah kota dan kabupaten di Jawa Timur, Rabu (17/2). Mereka adalah 17 dari 19 kepala daerah yang menang dalam Pilkada serentak di Jatim, 9 Desember 2015. Acara pelantikan dilaksanakan pukul 09.00 di Gedung Negara Grahadi.

"Insya Allah besok Pak Tjahjo hadir," kata Kepala Biro Administrasi Umum Pemerintah Provinsi Jawa Timur Hizbul Wathan saat Gladi Bersih pelantikan Bupati dan Wali Kota di Gedung Negara Grahadi, Selasa (16/2).

Hizbul menjelaskan, hingga sore kemarin masih dibahas dan dipersiapkan apakah pelantikan tersebut akan dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo atau Menteri Tjahjo. Adapun menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota, yang melantik bupati atau wali kota terpilih adalah Gubernur mewakili Menteri Dalam Negeri.

"Masih dibahas sebaiknya gimana. Saya belum bisa berbicara," ujarnya.

Menurut informasi dari pihak Pemprov Jatim, pelantikan kepala daerah akan berlangsung dua gelombang. Pelantikan gelombang pertama dilaksanakan pukul 09.00 WIB, sedangkan pelantikan gelombang kedua pukul 12.00 WIB.

Sementara dari gladi bersih kemarin, Arumi Bachsin, istri Bupati Trenggalek terpilih Emil Elestianto Dardak jadi pusat perhatian saat tiba di Gedung Negara Grahadi.

Arumi yang mengenakan kebaya, dipadukan dengan kerudung warna pink, terlihat bergandengan tangan dengan suaminya. Berbeda dengan tamu undangan lain, Emil Dardak dan Arumi Bachsin turun dari mobilnya tidak di dalam pelataran Grahadi, tetapi di luar.

Mereka berjalan sekitar 200 meter untuk masuk ke dalam gedung.

Setelah memasuki Gedung Grahadi, keduanya disambut beberapa pejabat protokol dari berbagai kabupaten dan kota di Jawa Timur, tanpa mengucap sepatah kata pun pada awak media.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO