Permudah Siswa Masuk Perguruan Tinggi, MAN Tuban Pelopori Campus Fair

Permudah Siswa Masuk Perguruan Tinggi, MAN Tuban Pelopori <i>Campus Fair</i> Ketua DPRD Tuban, Miyadi, saat memantau stand peserta kampus usai membuka acara. foto: suwandi/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tuban menggelar Campus Fair di halaman sekolah yang beralamat di jalan Hos Corkoaminoto, Sabtu (16/1). 

Ketua DPRD Tuban, H. Muhammad Miyadi, yang membuka langsung acara Campus Fair mengungkapkan, kegiatan ini diharapkan mampu membuka informasi kepada siswa seluas-luasnya.

"Diharapakan anak didik asal bumi wali mampu bersaing dengan siswa daerah lain. Terutama, dalam mengampu kuliah di perguruan tinggi yang dipilih dan berkualitas. Selain itu, diharapkan kegiatan ini dapat dicontoh pada sekolah lain. Supaya siswanya dapat termotivasi dalam menempuh pendidikan yang lebih tinggi," ujarnya usai membuka acara.

Miyadi mengapresiasi MAN Tuban yang menggelar campus fair ini. "Ini membuktikan bahwa MAN memiliki karakter yang religius dan berkualitas. Sehingga, masyarakat akan tahu sendirinya bahwa MAN Tuban mampu mengelola pendidikan dengan baik,” beber politisi PKB Tuban ini.

Pada campus fair tersebut dihadirkan pula orang tua siswa. Para orangtua ini diberi motivasi dan parenting agar mereka sama-sama tahu pentingnya meneruskan pendidikan hingga ke jenjang perguruan tinggi.

“Kami menggelar campus fair ini supaya siswa kami dapat meneruskan ke perguruan tinggi yang diiginkan,” terang Kepala MAN Tuban, Saifudin yulianto kepada bangsaonline.com, Sabtu (16/1)

Menurutnya, pada campus fair ini MAN Tuban mendatangkan 31 kampus baik negeri maupun swasta di Pulau Jawa. Upaya ini dilakukan karena pihak madrasah menyadari bahwa kekuatan ekonomi siswa mayoritas menegah ke bawah. Namun, secara potensi SDM siswa MAN Tuban tidak kalah dengan sekolah negeri atau MA negeri lainnya.

Lanjut Saifudin menyampaikan, kegiatan ini pertama kali digelar oleh MAN Tuban. Bahkan, dapat dikatakan terobosan baru untuk membantu siswanya meneruskan pendidikan ke PT. Selain itu, panitia juga mengundang madrasah dan SMA Negeri maupun swasta di Tuban lainnya.

“Alhamduliillah kegiatan ini berlangsung sukes. Ini juga berkat bantuan dari para warga lingkungan sekolah dan alumni-alumni yang sudah menjadi orang sukses,” jelas pria berkacamata ini.

Sekadar diketahui, Perguruan Tinggi yang mengikuti campus fair di MAN Tuban ini di antaranya, Poltana Tuban, UINSA Surabaya, UMM Malang, PBI UT Tuban, UNEJ Jember, IPB Bandung, UNDIP Jawa Tengah, Magsitar Utama, Universitas Dr. Soetomo Surabaya, UNAIR Surabaya, ITS Surabaya, PENS, PPNS, UPN veteran Surabaya, LP3I Suarabaya, UTM, STITMA Tuban, STIMIK Asia Malang, STIKES NU Tuban, UGM Jogyakarta, Universitas Internasional Semen Indonesia, STIE Perbanas Surabaya, Poltekkes Kemenkes Suarabaya, KEPQ Nurul Hayat, UNIBRAW Malang, STAI AL- Hikmah Tuban, UNESA, UIN Maliki Malang, STIKES dan Muhammadiyah Lamongan. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO