Tekait Arzetti Bilbina, Dandim Sidoarjo Akhirnya Dicopot

Tekait Arzetti Bilbina, Dandim Sidoarjo Akhirnya Dicopot Arsetti Bilbina dan Dandim Sidoarjo Letkol Kavaleri Rizeki Indrawijaya. Foto: lensa berita.net

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Sumardi mengatakan bahwa Komandan Kodim Sidoarjo Letkol Kav Rizeki Indra Wijaya akan dicopot sementara dari jabatannya.

Menurut dia, pergantian ini dilakukan karena Rizeki sedang dalam proses pemeriksaan oleh Pomdam V Brawijaya terkait dugaan hubungannya dengan model sekaligus anggota DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Arzetti Bilbina. "Agar proses pemeriksaannya tidak terganggu," kata Mayjen TNI Sumardi, Kamis (5/11/2015). 

Meski demikian, ia menegaskan bahwa pergantian ini bukan berarti ada kepastian bahwa Rizeki terbukti memiliki hubungan khusus dengan Arzetti yang merupakan anggota DPR RI dapil Surabaya-Sidoarjo itu. "Saat ini masih diperiksa di Pomdam V Brawijaya. Setelah itu, hasilnya diserahkan ke oditur militer sebelum dibawa ke pengadilan militer," katanya seperti dikutip Kompas.com. 

Kabarnya, posisi Dandim Sidoarjo yang diduduki Rizeki untuk sementara akan diisi oleh Letkol Inf Sarwo Supriyo yang kini menjabat Kabagdik Rindam V Brawijaya. 

Seperti ramai diberitakan, Arzetti dan Rizeki ditemukan berada di hotel Arjuna di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, 25 Oktober lalu. Keduanya dipergoki oleh anggota Denpom Malang. 

(Baca juga: Digerebek Berdua dengan Dandim Sidoarjo di Hotel, Arzetti Bantah, Mabes TNI Membenarkan)

Sebelumnya diberitakan, Dentasemen Polisi Militer (Denpom) V/3 Brawijaya, Malang masih melakukan penyidikan terhadap Dandim Sidoarjo Letkol Kavaleri Rizeki Indrawijaya.

"Masih dalam proses pemeriksaan. Saya belum bisa menyampaikan hal yang terkait dengan itu," kata Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI M Sabrar Fadhilah di Jakarta, Rabu 4 November 2015.

Pemeriksaan secara mendalam terus dilakukan Denpom TNI AD di Malang agar bisa terungkap pertemuan antara Dandim Sidoardjo dengan Arzetti Bilbina.

Ketika ditanya, apakah Dandim Sidoardjo itu akan dimutasi ke daerah lain, kata Fadhilah, dirinya masih belum mengetahui karena masih dalam proses pemeriksaan di Denpom Malang.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Tatang Sulaiman sebelumnya mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan apakah Letkol Rizeki melakukan pelanggaran atau bertindak lalai. TNI sendiri menerapkan asas praduga tak bersalah dalam menangani kasus pertemuan dengan Arzetti.

Lihat juga video 'Derita Desiree Tarigan: Diusir dari Rumah, 8 Tahun Tak Dapat Nafkah Batin':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO