Jelang Pilkada 2024, AJI Bojonegoro Ingatkan Jurnalis dan Media Bersikap Independen

Jelang Pilkada 2024, AJI Bojonegoro Ingatkan Jurnalis dan Media Bersikap Independen Ketua AJI Bojonegoro, Dedi Mahdi.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com Bojonegoro mengingatkan agar jurnalis dan media massa menjaga independesi, terutama dalam meliput soal isu-isu politik menjelang pelaksanaan .

Ketua Bojonegoro, Dedi Mahdi, mengatakan bahwa jurnalis dan media yang yang memproduksi informasi atau produk jurnalistik, serta menyebarluaskan kepada masyarakat yang seharusnya bersikap independen, atau tidak memihak kepada salah satu kontestan tertentu.

"Jangan sampai jurnalis dan media menjadi corong kepentingan politik tertentu, dengan menyampaikan informasi yang tidak tepat kepada masyarakat," ujarnya, Rabu (22/5/2024).

Ia menambahkan, jika momen Pilkada ini memang dimanfaatkan oleh media massa untuk mendongkrak pendapatan melalui iklan politik, terutama media lokal, namun menurutnya itu hal yang wajar, tapi jangan sampai kemudian 'endors' politik itu mengebiri independensi media.

"Kelompok politik pemasang iklan itu, jangan sampai mendikte media agar membuat berita tertentu, dengan tujuan menjerumuskan calon lain, untuk membentuk persepsi masyarakat sesuai yang diinginkan. Parahnya ini sudah terjadi di Bojonegoro," paparnya.

Menurut dia, sikap tidak memihak kepada kontestan pemilu juga diatur oleh kode etik jurnalistik, baik di maupun masing-masing organisasi profesi jurnalis, serta organisasi media massa. Sebelumnya, juga mengeluarkan surat edaran terkait gelaran , yang mengingatkan akan pentingnya independensi dan kemerdekaan pers, demi terwujudnya pemilu yang berkualitas dan bermartabat. (nur/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pasangan Edi Hadiyanto Daftar Bacakada Situbondo ke PPP':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO