Meriahkan Hari Jadi ke-1220 Kabupaten Kediri, PPBI Gelar Pameran dan Kontes Bonsai Nasional

Meriahkan Hari Jadi ke-1220 Kabupaten Kediri, PPBI Gelar Pameran dan Kontes Bonsai Nasional Ketua Panitia Pameran, Den Basito, di samping bonsai jenis beringin/Ficus Benjamina dengan tinggi 110 cm kelas pratama. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka ikut memeriahkan Hari Jadi ke-1220 Kabupaten tahun 2024, PPBI (Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia) Cabang menggelar pameran dan kontes nasional bonsai bertajuk Panjalu Jayati Bonsai .

Acara itu dilaksanakan di Halaman Parkir Tiga SLG Kabupaten , mulai hari ini (9/5/2024) hinggu Minggu (12/5/2024) mendatang.

Ketua Panitia Pameran Nasional Panjalu Jayati Bonsai 2024, Den Basito, mengatakan bahwa pameran nasional (pamnas) tingkat utama ini baru pertama kali diadakan di .

Pameran Nasional Panjalu Jayati Bonsai 2024 juga dimeriahkan lomba yang diikuti oleh pecinta bonsai dari 18- 20 kota/kabupaten di Indonesia. Seperti dari Pontianak, Kalimantan, dan kota-kota lainnya.

"Kategori yang dilombakan ada 4, mulai prospek, pratama, madya, dan utama. Untuk Kabupaten sendiri masih dibilang baru bergeliat lagi untuk perbonsaian," ucapnya, Kamis (9/5/2024).

Menurut Den Basito, untuk kelas prospek masih tergolong pemula karena bahan yang masih baru. Untuk kelas prospek diikuti 534 bonsai, kelas pratama diikuti 350 bonsai, kelas madya 31 bonsai, dan kelas utama 21 bonsai.

"Pada pameran ini juga diikuti satu pohon bonsai eksibisi atau hanya dipamerkan saja. Total seluruhnya ada 936 peserta," imbuh pria berambut gimbal itu.

Untuk penilaian sendiri, lanjut dia, ada empat kriteria. Yaitu, gerak dasar, keindahan, kematangan, dan keserasian. Masing-masing kriteria ini tergantung dari konsep pohon, karena ada 3 konsep, yaitu, naturalis, surealis, dan ekspresionis.

"Ketiga konsep ini hampir punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ketika dikonteskan ini ada titik berat untuk juri menyampaikan pemenang karena ketat sekali," terangnya.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO