Pendaftaran Bacakada 2024 Ditutup, NasDem Gresik Hanya Kirim Nama Asluchul Alif ke DPP

Pendaftaran Bacakada 2024 Ditutup, NasDem Gresik Hanya Kirim Nama Asluchul Alif ke DPP Ketua Desk Pilkada NasDem Gresik, Irfan Choirie, saat menerima pendaftaran dari Asluchul Alif. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - DPD Gresik resmi menutup penjaringan bakal calon kepala daerah (bacakada) untu mengikuti , Selasa (7/5/2024). Sejak pendaftaran dibuka pada 1-7 Mei pukul 24.00 WIB, hanya satu yang mendaftar sebagai bakal calon bupati (bacabup), yakni Ketua DPC Gresik, Asluchul Alif.

"Setelah seminggu penjaringan kami buka hanya ada satu pendaftar, yakni Mas Alif," kata anggota Desk Pilkada DPD Gresik, Hasanudin Farid, kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (8/5/2024).

Disampaikannya, sesuai arahan dan kebijakan DPP , masa pendaftaran bacabup dan bacawabup Gresik dimulai pada periode yang telah ditentukan, "Untuk itu, terhitung hingga 7 Mei pendaftaran bacakada Gresik, kami tutup."

Setelah pendaftaran ditutup, ia mengatakan bahwa Gresik hanya mengusulkan satu nama bacabup ke DPW dan DPP, "Hanya nama pendaftar bacakada Asluchul Alif yang kami kirim ke DPW untuk dilanjutkan ke DPP. Selanjutnya, kami menyerahkan ke DPW dan DPP untuk diproses."

Ditanya apa ada bacakada lain yang langsung daftar ke DPW atau DPP? Farid menyampaikan, "Belum ada informasi, sejauh ini kami belum ada komunikasi soal itu dengan DPW dan DPP."

Sementara itu, Ketua Desk Pilkada DPD Gresik, , menyatakan pihaknya pada Pemilu 2024 meraih 2 kursi dewan. Sebagai partai politik (parpol) dengan raihan kursi paling sedikit di parlemen, sangat menyadari posisi.

Karena itu, jika nantinya DPP memutuskan koalisi dengan dan sejumlah parpol lain untuk mengusung Alif pada , akan tahu diri dalam posisi menentukan bakal calon wakil bupati (bacawabup) untuk mendampingi Alif.

"Soal bacawabup kami serahkan Mas Alif dan parpol koalisi, siapa figur yang disepakati," ucap Irfan.

Hanya, tambah Irfan, dalam 2024, harus bangkit untuk punya bupati baru.

"Dan, raihan kursi pada Pemilu 2029 di DPRD Gresik harus kembali naik," pungkasnya. (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kembalikan Formulir Bacabup ke PDIP Situbondo, Rio Patennang Berharap Wakilnya dari PDIP':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO