Pemkab Bangkalan Butuh Rp700 Miliar untuk Realisasikan Jalur Lingkar Selatan

Pemkab Bangkalan Butuh Rp700 Miliar untuk Realisasikan Jalur Lingkar Selatan Warga saat melakukan perbaikan JLS di Bangkalan.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan mengajukan proposal permohonan anggaran pembangunan jalan lingkar selatan (JLS) pada Kementerian Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR).

Pengajuan proyek percepatan pembangunan pada Perpres 80 tahun 2019 itu dilakukan pada awal Maret 2024, dengan kebutuhan anggaran Rp700 miliar untuk pembebasan lahan dan pembangunan.

Kabid Infrastruktur dan Wilayah , Feilgie Suryaprana, mengungkapkan bahwa pihaknya sudah melakukan permohonan dana pembangunan JLS pada .

"Kebutuhan anggarannya Rp700 Miliar, mulai dari pembebasan lahan hingga selesai. Pembangunan JLS harus diupayakan menggunakan APBN, karena tidak mungkin mampu jika mengandalkan APBD," ungkapnya, Selasa (2/4/2024).

Menurutnya, pembangunan JLS memang bisa diakses menggunakan APBN. Sebab, kegiatan itu merupakan bagian dari proyek percepatan pembangunan yang diamanatkan Perpres 80 tahun 2019.

Berdasarkan hasil kajian yang sudah dilakukan , JLS nanti akan memiliki panjang hingga 30 km, melewati tiga kecamatan, yakni Kecamatan Modung, Kwanyar, dan Labang.

"Panjangnya 30 km, meliputi 3 kecamatan. Untuk detail desa mana saja yang akan terlibat, masih menunggu lebih lanjut setelah adanya detail engineering desain (DED)," tutur Feilgie.

Pihaknya, belum bisa memperkirakan kapan proyek itu akan terealisasikan. Sebab, belum ada jawaban dari pengajuan yang dilakukan pada kementerian.

"Kami belum bisa memastikan kapan akan terealisasi. Belum ada jawaban dari kementerian tentang pengajuannya. Tapi jika melihat Perpres 80, JLS masuk prioritas kedua yang pembangunannya dimulai di atas tahun 2024," pungkasnya. (fat/uzi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO