Risma Dicecar Gelontoran Bansos Jelang Pilpres, Realisasinya Tembus Rp85,53 Triliun

Risma Dicecar Gelontoran Bansos Jelang Pilpres, Realisasinya Tembus  Rp85,53 Triliun Tri Rismaharini. Foto: kompas

JAKARTA, BANGSAONLINE.com – Menteri Sosial RI mendapat pertanyaan telak dari Anggota Komisi VIII DPR. Terutama tentang gelontoran bantuan sosial (bansos) menjelang coblosan Pilpres. Tepatnya pada bulan Januari dan Februari atau dua bulan menjelang Pilpres. Karena gelontoran bansos itu sangat masif.

Anggota Komisi VIII DPR dari Fraksi PKS, Iskan Qolba Lubis mempertanyakan penyaluran bansos pada awal tahun 2024 yang disampaikan dalam Rapat Kerja (Raker) bersama Menteri Sosial Tri Rismaharani atau biasa disapa Risma.

Mulanya, Iskan bertanya terkait dengan sumber anggaran yang dipergunakan untuk bansos yang disalurkan pemerintah pada bulan Januari-Februari 2024 kemarin.

"Penyaluran bansos di awal Januari-Februari, itu anggaran 2023 atau 2024? Karena setahu saya, saya kan di Badan Anggaran (Banggar), biasanya Januari-Februari itu belum banyak program karena program datang dari ketika sudah pajak datang," kata Iskan, di Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (19/3/2024).

langsung menjawab. Menurut dia, anggaran itu berasal dari pagu anggaran 2024.

Tapi Iskan tak puas. Ia mengatakan, biasanya anggaran belum tersedia di awal tahun kecuali Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran Tahun Berkenaan (SILPA). Sementara SILPA sendiri biasanya dipergunakan untuk gaji pegawai.

"2024 itu bu, saya ini paham saya di Banggar, 2024 itu rata-rata anggaran itu uang di negara belum ada kecuali SILPA. SILPA dipakai untuk gaji. Januari-Februari itu biasanya normalnya belum ada program. Kok ada program di bulan Januari?," katanya.

My Esti Wijayati dari Fraksi PDI-P juga mempersoalkan. Kader PDIP itu minta Risma menjelaskan bansos pemerintah yang tiba-tiba digelontorkan secara massif menjelang pencoblosan Pemilu 2024.

"Bantuan sosial yang mengalir itu, yang kami lihat, saya soalnya langsung juga ke beberapa ke banyak titik, ada beras macam-macam bergulir, saya enggak tahu tulisannya, orang tahu itu bansos, bansos ya tahunya dari ," kata Esti dalam rapat kerja Komisi VIII DPR bersama Mensos, Selasa (19/3/2024).

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO