Jelang Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220, Pemdes Panjer Gelar Kirab Budaya dan Sesuci Tirta

Jelang Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220, Pemdes Panjer Gelar Kirab Budaya dan Sesuci Tirta Tumpeng yang berisi sayuran dan buah-buahan pada acara Kirab Budaya sebelum diperebutkan warga. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI,BANGSAONLINE.com - Jelang Peringatan Hari jadi Kabupaten ke-1220 pada 25 Maret 2024, Pemdes Panjer, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten , menggelar prosesi dan pengambilan air suci di sumber di kawasan Situs Adipati Panjer, Rabu (6/3/2024).

Pengambilan air suci atau 'Sesuci Tirta' tersebut didahului dengan Kirab tumpeng hasil bumi sebagai bagian dari ritual pengambilan air suci. 

Tumpeng yang berisi sayur, buah-buahan dan hasil bumi lainnya itu, kemudian diperebutkan oleh warga yang telah menunggu di area Situs Adipati Panjer.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten , Adi Suwignyo, yang hadir di acara tersebut, mengatakan, bahwa sebelum peringatan Hari Jadi Kabupaten memang didahului dengan prosesi pengambilan air suci yang diambil dari tujuh titik sumber air.

"Pengambilan air suci tersebut salah satunya diambil di situs Adipati Panjer ini. Kemudian ada lima lagi sumber air yang diambil airnya dan terakhir air suci akan diambil di Harinjing, Desa Siman, Kecamatan Kepung, dimana lokasi ditemukannya Prasasti Harinjing sebagai cikal bakal kelahiran Kabupaten .

Terkait prosesi di situs Adipati Panjer, Wigyo mengatakan bahwa prosesi ini sebagai kearifan lokal yang ada di Desa Panjer, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten .

Prosesi ini juga dimaksudkan sebagai pengenalan situs di Kabupaten dimana di Kabupaten ada 511 situs yang tersebar di wilayah Kabupaten .

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO