PKB Kuasai Dapil Jatim II, Suara Faisol Tembus 152,126, Gerindra Geser Nasdem

PKB Kuasai Dapil Jatim II, Suara Faisol Tembus 152,126, Gerindra Geser Nasdem Para mahasiswa mendukuki Gedung DPR RI saat melengserkan Presiden Soeharto pada 1998. Foto: medcom.id

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Para Calon Anggota DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tampaknya akan kembali menjadi juara di Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur II.

Pantauan BANGSAONLINE di laman KPU RI, suara saat berita ini ditulis pukul 13.15 WIB, Senin (18/2/2024), sudah menembus 152.126 suara. adalah caleg incumbent dari PKB yang kini nomor urut 1.

Di dapil Jatim II ini, para caleg akan memperebutkan 7 kursi DPR RI. Dapil ini meliputi Kabupaten Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, dan Kabupaten Probolinggo, serta Kota Probolinggo, Jawa Timur.

lainnya yang suaranya unggul adalah Mohammad Irsyad Yusuf, caleg nomor urut 4. Mantan Bupati Pasuruan dua periode ini sudah meraih 71.546 suara. 

Lalu disusul Anisah Syakur, caleg PKB nomor urut 3 yang kini meraih 61.028 suara. Kemudian Muhammad Hilman Mufidi, caleg PKB nomor urut 7. Ia meraih 36.985 suara.

Komposisi perolehan suara para caleg PKB yang sangat dominan ini semakin mengukuhkan partai yang dipimpin Abdul Muhaimin Iskandar itu sebagai partai pemenang di dapil Jatim II. Setidaknya untuk sementara, hingga penghitungan yang dilakukan KPU selesai. 

Caleg di luar PKB yang suaranya melesat adalah Mukhammad Misbakhun. Caleg Golkar nomor urut 1 ini sudah meraih 76.445 suara untuk sementara. Di internal caleg Golkar di dapil Jatim II belum ada suara signifikan yang muncul.

Selain caleg PKB dan Golkar, caleg yang suaranya unggul adalah para caleg Partai . Yaitu . Caleg nomor urut 2 ini sudah mengumpulkan 75.431 suara. adalah Ketua Jawa Timur yang kini Wakil Ketua DPRD Jawa Timur.

Di internal , banyak caleg meraih suara signifikan di dapil Jatim II ini. Antara lain Ahmad Musyafa’, caleg nomor urut yang meraih 46.694 suara. 

Juga Evi Zainal Abidin, caleg nomor urut 3 yang mendapat 46.244 suara. 

Lalu disusul caleg nomor urut 1, Laksdya TNI (Purn) Mockhlas. Caleg incumbent ini meraih 43.739 suara untuk sementara.

Ini berarti dipastikan meraih kursi sekaligus mengamankan posisi yang suaranya paling tinggi di internal caleg di dapil Jatim II. Bahkan bisa jadi meraih 2 kursi DPR RI di dapil Jatim II.

Ini berarti potensial menggeser posisi Nasdem yang pada pemilu 2019 juara dan meraih dua kursi DPR RI di

Kemudian disusul raihan suara Mufti A.N. Anam. Caleg nomor urut 2 PDIP ini meraih 64.478 suara. Adik kandung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia Abdullah Azwar Anas ini sekarang anggota DPR RI dari PDIP.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO