Hadiri Rakernas dan Halaqoh Ikapete, Moeldoko: Sinergisitas Ulama dan Umara' Mutlak Diperlukan

Hadiri Rakernas dan Halaqoh Ikapete, Moeldoko: Sinergisitas Ulama dan Umara Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat memberikan sambutan.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com -  Jenderal (Purn) TNI menghadiri Rakernas dan Halaqoh Ikatan Keluarga Alumni () Jombang bertempat di Hotel Arayanna, Trawas, Mojokerto, Jumat-Sabtu (26-27/1/2024).

Dalam sambutannya, mengaku bersyukur bisa berada di tengah-tengah para kiai, guru, pengasuh pondok pesantren, serta semua alumni dari seluruh Indonesia.

Ia berharap rakernas dan halaqoh ini dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Menginat, kegiatan ini menampilkan perpaduan antara nasionalisme dan agamis dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Sinergisitas antara ulama dan umara’ dalam bernegara mutlak diperlukan, dan perpaduan tersebut bukan sekadar jargon belaka. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, maka yang perlu bagaimana kita selalu merajut kebersamaan," katanya.

Menurutnya, selama ini pemerintah telah konsen dengan pesantren. Terbukti dengan adanya undang-undang 18 tahun 2019 dan perpres 82 tahun 2021 terkait dana abadi pesantren.

Dalam kesempatan itu, juga menyampaikan kekagumannya terhadap Hadratussyaikh KH Hasyim Asy'ari. Ia mengajak para generasi penerus untuk meneladani sikap dan sifat pendiri Nahdlatul Ulama tersebut.

Sementara Ketua Umum Presidium Nasional  H Maskuri Bakri mengimbau masyarakat untuk turut menjaga pemilu 2024 agar berlangsung damai.

" mengimbau agar kontestasi pemilu 2024 tidak saling menyakiti dan harus saling menghormati satu sama lain," katanya. (ris/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO