Cegah Polio, Pemkab Nganjuk Gelar Imunisasi Serentak

Cegah Polio, Pemkab Nganjuk Gelar Imunisasi Serentak Pj Ketua Tim Penggerak PKK Nganjuk Eka Haryati Taruna saat meneteskan vaksin polio kepada salah satu balita.

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka melindungi anak-anak dari penularan polio, sekaligus memperingati Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio, Pemkab Nganjuk melaksanakan imunisasi secara serentak, Senin (15/1/2024).

Imunisasi tersebut dilaksanakan di beberapa desa, salah satunya di Desa Batembat, Kecamatan Pace, yang dihadiri oleh Pj Ketua Tim Penggerak PKK Nganjuk, Eka Haryati Taruna.

Eka mengatakan pemberian vaksin ini merupakan langkah antisipasi agar polio tidak sampai masuk Nganjuk. Mengingat, sudah muncul beberapa kasus polio di Indonesia.

"Saya inginkan anak balita Nganjuk bisa tetap ceria sehat, terbebas dari virus polio," kata Eka didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Nganjuk dr. Hendriyanto, Senin (15/1/2024).

Ia mengingatkan bahaya penyakit polio bagi anak-anak, yang bisa menimbulkan kecacatan seperti lumpuh layu pada kaki, bahkan bisa menyebabkan kematian.

"Maka dari itu melalui PIN polio ini, nantinya orang tua yang mempunyai anak di usia 0-8 bulan agar memberikan imunisasi polio. Jika masih sayang kepada anaknya, berikan vaksin polio, dan wujudkan cita-cita anak kita dengan ceria sehat," imbuhnya.

Ia menambahkan, vaksin polio bisa didapatkan di posyandu, puskesmas, maupun ke tim penyuluh kesehatan.

"Saya juga mengimbau kepada dinkes agar memastikan anak-anak usia 0-8 bulan telah mendapatkan vaksin polio," tandas Eka.

Sementara Kepala , dr Hendriyanto, mengatakan PIN polio tahap pertama dilaksanakan tanggal 15 - 19 Januari. Sementara tahap kedua dilaksanakan tanggal 19 - 25 Februari.

"Sasaran pemberian vaksin polio yang akan kita laksanakan yaitu di TK, SD, dan MI," kata Hendri. (bam/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Peringati Hari Jadi ke-1.087, Pemkab Nganjuk Gelar Sejumlah Baksos':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO