Bawaslu Gresik Tindak Lanjuti Deklarasi 330 Kades Gabung Relawan Jawi Wetan Pro Jokowi

Bawaslu Gresik Tindak Lanjuti Deklarasi 330 Kades Gabung Relawan Jawi Wetan Pro Jokowi Ketua Bawaslu Gresik, Achmad Nadhori.

GRESIK, BANGSAONLINE.com menindaklanjuti 330 kepala desa (kades) yang tergabung dalam asosiasi kepala desa (AKD), dan mendeklarasikan gabung dengan relawan Jawi Wetan Pro tengah menelusuri apakah ada pelanggaran dalam deklarasi 330 kades se-Kabupaten gabung relawan Jawi Wetan Pro atau tidak.

"Penelusuran dilakukan untuk melihat fakta di lapangan apakah ada potensi pelanggaran atau tidak dalam kegiatan tersebut," kata Ketua , Achmad Nadhori kepada awak media, Jumat (5/1/2024).

Ia menyatakan, telah memberikan surat imbauan dan sosialisasi terkait netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), Polri, TNI serta kepala desa dalam Pemilu 2024.

"Jadi kami sudah melakukan upaya pencegahan," tuturnya.

Nadhori pun menyebut, berdasarkan pemberitaan di media massa yang beredar yang memuat deklarasi kades gabung dalam relawan Jawi Wetan Pro , belum bisa memastikan apakah ada pelanggaran atau tidak dalam deklarasi ratusan kades tersebut. Untuk itu, pihaknya akan melakukan penelusuran terlebih dahulu.

"Kami bersama jajaran akan melakukan penelusuran terlebih dahulu," ucapnya.

Ditegaskan pula, dalam penelusuran akan melakukan konfirmasi kepada sejumlah pihak, baik dari AKD maupun dari relawan Jawi Wetan Pro .

"Kami juga akan mengumpulkan informasi detail kegiatan deklarasi tersebut," katanya.

Untuk proses ini, lanjut Nadhori, pihaknya belum melibatkan sentra penegakan hukum terpadu (Gakumdu).

"Nanti kalau ditemukan bukti pelanggaran yang mengarah pada pidana, pihaknya baru akan melakukan register, baru dilanjutkan dengan pembahasan bersama Gakumdu," pungkasnya. (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO