Tingkatkan Tata Kelola Administrasi dan Keuangan, BKAD Bangkalan Gelar Bimtek untuk Aparatur Desa

Tingkatkan Tata Kelola Administrasi dan Keuangan, BKAD Bangkalan Gelar Bimtek untuk Aparatur Desa Penjabat Bupati Bangkalan Arief M Edie saat membuka bimtek.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 342 perangkat desa di Kabupaten Bangkalan mengikuti bimbingan teknis (bimtek) yang diselenggarakan oleh Badan Koordinasi Antar Desa (BKAD) Bangkalan di El Hotel Malang, 18-20 Desember 2023.

Kegiatan ini dilatarbelakangi masih banyaknya perangkat desa yang belum memahami pengolaan administrasi dan keuangan di tingkat pemerintahan desa (pemdes).

Arief M Edie, Penjabat Bupati Bangkalan, berharap semua desa bisa mengelola anggaran dan administrasi desa dengan baik dan transparan.

“Sehingga dengan adanya bimtek ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas pemdes dalam pengelolaan keuangan desa yang baik dan transparan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, ke depan akan ada studi banding ke desa yang lebih maju untuk memberikan semangat kepada pemerintah desa dalam pengembangan bumdes.

“Kalau sudah paham tentang pengelolaan keungan desa. Ke depan kita juga ajak kepala desa untuk studi banding mengatahui tata cara mengelola bumdes yang baik untuk meningkatkan potensi yang ada di desa masing-masing,” ungkapnya.

Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bangkalan, Rudiyanto, menyampaikan bimtek ini mengacu Permendagri nomor 20 tahun 2018 tentang pengelolaan administrasi dan keuangan desa.

“Total peserta yang hadir di kegiatan bimtek ini sebanyak 342 orang. Kegiatan ini sesuai regulasi diperbolehkan. Jadi perlu kita support untuk memberikan semangat kepada pemerintah desa,” ujar Rudiyanto.

Di tempat yang sama, Kepala , Jayus Salam, menyampaikan terima kasih atas digelarnya bimtek ini.

“Kami ucapkan terima kasih sudah menfasilitasi kami. Semoga dengan adanya bimtek ini pemerintah desa semakin semangat dan paham bagaimana cara mengatur sistem tata kelola administrasi dan keuangan desa yang baik dan transparan,” pungkasnya. (uzi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO