Jalan Ambles di Banyuwangi, Anggota Dewan Jatim Prihatin

Jalan Ambles di Banyuwangi, Anggota Dewan Jatim Prihatin Jalan yang ambles di Watu Dodol Banyuwangi. Tampak sebuah mobil Xenia jadi korban atas amblesnya jalan. (foto: Ardian Fanani/detik.com)

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Menjelang lebaran yang diikuti oleh meningkatnya arus mudik, masyarakat dikagetkan dengan amblesnya jalan nasional di Watu Dodol, Banyuwangi. Sontak hal itu menjadi keprihatinan anggota DPRD Jawa Timur Irwan Setiawan.

Meskipun tidak ada korban jiwa tapi politisi PKS itu menyayangkan terjadinya jalan ambles itu, karena ada kerugian material yang dialami masyarakat karena sejumlah mobil dan sepeda motor rusak karena ikut ambles.

Menurut politisi yang akrab disapa Kang Irwan itu, semestinya hal itu bisa diantisipasi bila ada pengawasan rutin yang dilakukan oleh pihak terkait. Baik itu Balai Besar V maupun PU Bina Marga.

Anggota Dewan asal daerah pemilihan Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi itu mengakui kalau terjadinya jalan ambles itu karena faktor alam, terjadi abrasi di sekitar daerah wisata tersebut.

Irwan menilai seharusnya ada deteksi dini dari pihak terkait sebagai pemangku kebijakan sehingga tidak ada korban jiwa maupun materi. Pihaknya berharap musibah ini menjadi pelajaran berharga agar tidak terjadi hal serupa di masa datang.

"Memang sudah ada pelengseng yang dipasang di pinggir jalan. Namun karena terjadi abrasi yang hebat, jalan itu tetap ambles. Ini harus menjadi perhatian serius pihak terkait. Apalagi jelang puncak mudik," tegas Sekretaris FPKS DPRD Jatim itu, Selasa (14/7).

Anggota Komisi C DPRD Jatim itu mewarning Pemprov Jatim dan pemkab agar menginventarisir jalan-jalan yang masuk kategori rawan ambles karena faktor alam. Dengan demikian, langkah antisipatif bisa dilakukan, seperti membuat pelengsengan atau memperkuat pelengsengan yang ada.

"Ke depan, Pemprov dan Pemkab harus tanggap dan mendeteksi potensi jalan amblas. Kalau itu jalan nasional agar segera dilaporkan ke Balai Besar V agar segera bisa ditangani. Jangan sampai ada korban lagi," imbuh Ketua Gema Keadilan Jatim ini.

Untuk diketahui, jalan nasional yang berada di Watu Dodol ambles, siang tadi (14/7). Beruntung tidak ada korban jiwa, meskipun lokasi jalan ambles itu berada di jalur yang ramai karena berada di di komplek lokasi wisata. Namun sejumlah kendaraan roda empat dan dua milik pengunjung menjadi korban karena ikut amblas ke bibir pantai. (mdr/rvl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Baru Dicor, Jalan Balaraja Tangerang Berantakan Lagi Dilintasi Pengendara':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO