BPBD Kota Kediri Gelar Simulasi Hadapi Bencana di Pusat Perbelanjaan

BPBD Kota Kediri Gelar Simulasi Hadapi Bencana di Pusat Perbelanjaan Simulasi penanganan bencana gempa bumi di Kota Kediri. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemkot melalui badan penanggulangan bencana daerah () menggelar giat simulasi dalam rangka membangun kesiapsiagaan masyarakat, dan dunia usaha saat melakukan penanganan serta evakuasi mandiri di situasi darurat bencana. 

Acara bertajuk 'Simulasi Penanganan Bencana Gempa Bumi di Pusat Perbelanjaan Kota Tahun 2023' di Town Square itu dilaksanakan selama 4 hari, yakni pada 13-16 November 2023.

Agenda tersebut melibatkan berbagai unsur seperti TNI, Polri, Damkar, PMI, Puskesmas dan rumah sakit, rumah zakat, komunitas/Ormas, relawan, serta beberapa OPD di lingkungan Pemkot dengan total personel 140 orang.

Kalaksa Kota , Indun Munawaroh, menjelaskan bahwa kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat, dan swasta dalam hal ini pihak pusat perbelanjaan mengantisipasi bila suatu saat terjadi bencana, serta membangun sinergi antara Pemkot dengan pihak swasta dalam penanganan bencana.

"Kita ingin pihak mal mampu secara mandiri melakukan penanganan darurat saat terjadi bencana sebelum pihak dari , Damkar, atau relawan datang memberikan bantuan," ujarnya, Rabu (15/11/2023).

"Kita pilih pusat perbelanjaan karena banyak sekali aktivitas masyarakat yang terjadi di sini. Dan kegiatan ini sepertinya menjadi yang pertama dilakukan seluruh Jatim untuk melakukan kegiatan simulasi di pusat perbelanjaan," imbuhnya.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO