Pemkab Situbondo Perbaiki Ruas Jalan Widoro Payung-Sumbermalang, Warga Senang

Pemkab Situbondo Perbaiki Ruas Jalan Widoro Payung-Sumbermalang, Warga Senang Kondisi Jalan Widoropayung mulus setelah diperbaiki.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo merealisasikan anggaran Rp3,7 miliar dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) untuk perbaikan jalan di Desa Widoro Payung, Kecamatan Besuki, hingga Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang.

Anggaran tersebut juga digunakan untuk pemeliharaan jalan kabupaten. Perbaikan ini dilakukan dalan rangka mempermudah lalu lintas kendaraan masyarakat, khususnya bagi petani tembakau.

Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Permukiman (DPUPP) Situbondo, Eko Prionggo Jati, mengatakan penggunaan anggaran DBHCHT Rp3,7 miliar terdiri dari perbaikan jalan dan pemeliharaan jalan kabupaten. Harapannya jalan yang dilalui masyarakat selalu terjaga dengan baik.

“Anggarannya dibagi dua. Yaitu Rp2,5 miliar untuk rekontruksi, kemudian Rp1,2 miliar dipakai untuk pemeliharaan jalan kabupaten,” ujarnya, Jumat (10/11) pada wartawan BANGSAONLINE.com.

Eko mengatakan, anggaran yang bersumber dari DBHCHT itu digunakan seluruhnya untuk kepentingan masyarakat, terutama bagi para petani tembakau. Sehingga produksi tembakau yang sudah dipanen bisa lebih mudah untuk dijual kepada pengepul maupun pedagang.

“Sesuai sumber keuangan yang diterima pemerintah dari DBHCHT, maka uang tersebut dikembalikan kembali kepada masyarakat dalam bentuk perbaikan jalan,” ucapnya.

Eko menyatakan, perbaikan jalan ini penting dilakukan. Terutama bagi petani tembakau karena akan lebih memudahkan mobilitas angkutan hasil panen. Terutama mempermudah untuk menjual hasil tersebut kepada pengepul ataupun pedagang.

“Dengan jalan yang baik akan sangat memudahkan proses transaksi hasil tembakau. Artinya, tembakau miliki petani bisa dengan cepat laku terjual. Sehingga mereka bisa kembali modal atau untung yang didapatkan dengan cepat,” ungkapnya

Sementara itu, seorang warga pedagang tembakau di Desa Widoropayung memgatakan bahwa kondisi jalan yang sudah diperbaiki sangat membantu dirinya berjualan tembakau.

"Sekarang jalannya mulus, dulu rusak, sulit dilalui ngangkut barang. Alhamdulillah, pendapatan juga bertambah," pungkasnya. (adv/sbi/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO